Keluarga

4 Kebiasaan Minum yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda, Yuk Terapkan!

4 Kebiasaan Minum yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda, Yuk Terapkan!

MOMSMONEY.ID - Penuaan memang tidak dapat dihindari kedatangannya. Proses alami tubuh ini tidak hanya akan berdampak pada tubuh secara keseluruhan tetapi juga kulit. Tanda-tanda penuaan pada kulit yang kerap menjadi momok bagi banyak orang adalah kerutan, garis-garis halus, dan kulit kendur.

Melansir laman Eat This, Not That!, beberapa Ahli Diet mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk membantu menciptakan kulit yang senantiasa muda adalah dengan menerapkan kebiasaan minum yang lebih sehat.

Patut Anda terapkan, inilah 4 kebiasaan minum yang bisa bikin kulit awet muda menurut Ahli Diet.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Bahan Pemicu Kanker yang Sering Ditemukan dalam Produk Kecantikan

1. Minum air putih

Minum Air Putih

Kebiasaan minum nomor satu yang harus Anda terapkan jika ingin memperlambat penuaan sekaligus menciptakan kulit yang awet muda adalah minum air putih.

Menurut Ahli Diet terdaftar bernama Ellen Alberston, RD, PhD, minumlah air putih sebanyak setengah dari berat badan dalam hitungan ons air setiap hari guna menghindari dehidrasi kronis penyebab penuaan kulit. Misal, apabila berat badan Anda adalah 150 pon (pound), maka disarankan bagi Anda untuk minum 75 ons air setiap hari.

Jika Anda adalah seorang peminum alkohol, hilangkanlah kebiasaan tersebut atau minumlah alkohol sesekali saja. Pasalnya, alkohol bisa membuat kulit lebih cepat tua dari biasanya.

2. Minum air perasan lemon

Air lemon

Minum segelas air putih yang dicampur dengan perasan lemon pada pagi hari merupakan salah satu hal paling sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan.

Air perasan lemon terbukti mampu membantu pencernaan, meningkatkan penurunan berat badan, membuang racun, dan meningkatkan metabolisme yang melambat seiring bertambahnya usia, menurut Ronald Smith, RD, selaku Ahli Diet terdaftar.

3. Minum matcha

Matcha

Seorang Ahli Diet yang berbasis di New York bernama Rachel Dyckman, RDN, merekomendasikan siapa pun yang ingin terlihat awet muda untuk minum teh hijau setiap pagi. Untuk mendapatkan efek senyawa yang maksimal, Ahli Diet tersebut menyarankan untuk memilih teh hijau bubuk atau dikenal juga dengan matcha.

Matcha tidak hanya memiliki bentuk yang paling terkonsentrasi, tetapi juga kaya akan katekin yang merupakan antioksidan polifenol kuat untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh.

Sebuah tinjauan studi terbaru dalam jurnal Biomedical Dermatology mencatat bahwa salah satu manfaat katekin dalam teh hijau termasuk matcha yang tidak perlu diragukan lagi yaitu mencegah dan mengurangi kerusakan kulit.

4. Minum kaldu tulang atau suplemen kolagen

Kaldu tulang

Kolagen dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi seiring bertambahnya usia berkat sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya. Kolagen juga bermanfaat bagi kulit karena mampu membantu memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan.

Anda bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dengan meminum kaldu tulang atau suplemen kolagen. Kaldu tulang maupun suplemen kolagen sama-sama bermanfaat untuk menjaga kulit tetap elastis dan tampak sehat.

Di sisi lain, hindarilah terlalu banyak minuman berkafein, minuman manis, dan alkohol. Karena, ketiga jenis minuman ini berisiko meningkatkan masalah yang berkaitan dengan penuaan seperti osteoporosis, alzheimer, serta penyakit jantung, hati, dan ginjal.

Demikian 4 kebiasaan minum yang bisa bikin kulit awet muda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk diterapkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News