Keluarga

Suka Begadang? 4 Cara Ini Dapat Perbaiki Pola Tidur untuk Anda yang Kurang Tidur

Suka Begadang? 4 Cara Ini Dapat Perbaiki Pola Tidur untuk Anda yang Kurang Tidur

MOMSMONEY.ID - Terlalu sering begadang membuat pola tidurmu jadi terbentuk dengan sendirinya. Pola tidur yang singkat akan menyebabkan Anda kurang tidur. Tentu, ini akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Untuk mulai perbaiki pola tidur yang sudah terlanjur kacau akibat terlalu sering begadang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

MomsMoney telah merangkum beberapa cara perbaiki pola tidur yang mudah diikuti, dirangkum dari Healthline, Mayo Clinic, dan Help Guide, ini dia selengkapnya:

Baca Juga: 4 Alasan Cepat Mengantuk Setelah Makan dan Cara Mencegahnya

Buat jadwal tidur

Agar bisa perbaiki pola tidur yang kacau akibat sering begadang, pertama-tama, cobalah untuk mulai membuat jadwal tidur yang teratur.

Sisihkan waktu setidaknya 7 jam untuk tidur agar tubuh dan pikiranmu dapat beristirahat dengan nyenyak.

Agar dapat disiplin melakukannya, buatlah jadwal tidur dan jadwal bangun. Lakukan hal ini setiap hari pada jam yang sama. Lambat laun tubuh Anda akan terbiasa dengan pola tidur yang baru ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Lari Sore untuk Kesehatan, Cocok Dilakukan Setelah Selesai Bekerja

Kurangi cahaya biru

Cahaya biru akibat bermain Game di HP

Perbaiki pola tidur bisa dilakukan dengan mengurangi cahaya biru. Cahaya biru itu sendiri merupakan cahaya yang dipantulkan oleh bahan-bahan elektronik seperti HP, laptop, ataupun televisi.

Cahaya biru dapat mengganggu pola tidur Anda, sebab otak sedang ditipu seolah-olah sinar tersebut merupakan sinar matahari di siang hari. Inilah yang menyebabkan Anda jadi kurang tidur.

Untuk itu, anda bisa mematikan semua perangkat elektronik 2 jam sebelum tidur. Hal tersebut dapat membantu perbaiki pola tidur Anda yang kurang akibat terlalu sering begadang.

Baca Juga: Berbagai Mitos dan Fakta Seputar Tidur Menurut Para Ahli

Berolahraga rutin

Orang yang berolahraga rutin secara teratur akan mendapatkan pola tidur yang lebih teratur serta tidur yang berkualitas pada malam hari.

Olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi gejala sleep apnea dan insomnia.

Melakukan meditasi dan relaksasi

Perbaiki pola tidurmu yang kacau dengan melakukan meditasi atau relaksasi. Tubuh yang rileks akan membantumu mendapatkan pola tidur yang lebih teratur dan tidur yang nyenyak.

Baca Juga: Hindari Stres dan Kelelahan Akut, Ikuti 5 Cara Terbaik Beristirahat di Malam Hari

Cobalah teknik relaksasi yang direkomendasikan oleh Sleep Foundation. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bersantai. Buatlah tubuhmu santai, alih-alih membuat tubuh tertidur. Terlalu fokus untuk tidur hanya akan membuat kamu menjadi tidak tidur.
  • Kendalikan pernapasan
  • Lakukan meditasi secara sadar
  • Dengarkan suara-suara alam, seperti suara jangkrik, suara hujan, atau suara angin.
  • Buatlah otot-otot pada tubuhmu rileks.

Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda akan bisa perbaiki pola tidur yang kurang akibat terlalu sering begadang. Jadi, tak ada lagi alasan kurang tidur, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News