Keluarga

Hindari Stres dan Kelelahan Akut, Ikuti 5 Cara Terbaik Beristirahat di Malam Hari

Hindari Stres dan Kelelahan Akut, Ikuti 5 Cara Terbaik Beristirahat di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Beristirahat merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan oleh tubuh untuk menghindari kelelahan akut dan rasa stres. Ini dilakukan untuk menghindari tubuh yang tiba-tiba jadi drop.

Kelelahan akut dan stres bisa ditimbulkan akibat melakukan suatu pekerjaan yang berat, baik berolahraga berat maupun melakukan pekerjaan yang bikin stres. Akibatnya, tubuh butuh istirahat maksimal untuk dapat melepas rasa tegang di otot dan sendi yang kaku.

Untuk dapat membuat istirahat malam Anda jadi lebih efektif, MomsMoney telah hadirkan beberapa cara terbaik yang bikin tubuh dan pikiran rileks dalam sekejap. Cara-cara ini sangat bisa Anda terapkan untuk dapatkan istirahat yang baik.

Apa saja cara-caranya? Melansir dari laman Experience Life, Specialized Physical Therapy, dan One Green Planet, langsung intip artikel yang satu ini, yuk!

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Tidur yang berkualitas

Cara terbaik istirahatkan tubuh dari segala beban pikiran dan kelelahan akut adalah dengan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas bisa didapatkan dari tidur malam yang cukup selama 7-8 jam sehari untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk remaja. Ini karena tidur dapat membantu tubuh melepaskan hormon stres serta memperbaiki berbagai fungsi tubuh, sehingga otot tak lagi kaku.

Baca Juga: Kelelahan? Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Percepat Pulihkan Energi yang Hilang

Mandi air hangat

mandi air hangat

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Jika Anda telah melakukan pekerjaan yang melelahkan, entah itu berolahraga berat ataupun mengerjakan tugas menumpuk yang membuat stres, maka cara beristirahat terbaik yang bisa dilakukan adalah mandi air hangat.

Ketika mandi air hangat, coba tambahkan 1 cup garam Epsom & 7 tetes minyak esensial untuk membuat pengalaman mandi anda jadi lebih menenangkan.

Coba singkirkan sejenak semua beban pikiran dan latih pernapasan selama beberapa menit saat Anda ada di bak mandi. Mandi air hangat bukan hanya membuat tubuh lebih rileks, tapi juga membuat pikiran jadi tenang.

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Moms Potong Setengah Anggaran Makanan Jadi Lebih Hemat

Berinteraksi ringan sebelum tidur

Berinteraksi ringan sama pentingnya dengan berolahraga, karena berinteraksi akan meningkatkan kebahagiaan yang membuat tubuh dan pikiran tak lagi tegang.

Berinteraksi yang dimaksud adalah melakukan permainan sederhana bersama anak, bercengkerama ringan bersama keluarga, atau sebatas mengajak hewan peliharaan mengobrol.

Lakukan hal ini tanpa tekanan, tanpa penilaian, dan hanya murni untuk kesenangan diri. Lakukan juga cara ini sebelum beristirahat di malam hari.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Meditasi

Melakukan meditasi sejenak akan membuat efektivitas istirahat malam Anda semakin berkualitas. Meditasi membuat pikiran tetap positif dan kecemasan berkuran.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari One Green Planet, para peneliti menemukan bahwa orang yang optimis menunjukkan respon kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan orang yang pesimis.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Minum air putih

Minum air putih

Dehidrasi dapat memperlambat proses istirahat malam yang Anda lakukan. Ini karena air berperan besar dalam perbaikan sel-sel tubuh dan mengantarkan sejumlah nutrisi serta oksigen ke dalamnya. Jadi, jangan lupa minum yang cukup sebelum tidur, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News