HOME, Santai

Suka Bantu Masalah Orang Lain? Waspada, Bisa Jadi Alami Savior Complex!

Suka Bantu Masalah Orang Lain? Waspada, Bisa Jadi Alami Savior Complex!

MOMSMONEY.ID - Menjadi orang baik yang selalu siap sedia bagi orang lain merupakan hal yang banyak diinginkan oleh banyak orang. 

Keinginan kuat untuk bisa menolong semua orang dan bisa diandalkan oleh orang lain biasanya juga menjadi keinginan yang dimiliki seseorang.

Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik. Karena terkadang orang lain malah memanfaatkan dan merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Mengenal Cinderella Complex, Sindrom Takut Jadi Wanita Mandiri

Keinginan untuk selalu menolong orang ini disebut dengan Savior Complex. Savior complex merupakan suatu kondisi dimana seseorang selalu ingin membantu orang lain tanpa mempertimbangkan kondisinya sendiri. 

Seperti yang disampaikan oleh seorang psikolog, Dr. Maury Joseph pada laman Heatlh Line, kondisi savior complex ini bisa menimbulkan tendensi fantasi seseorang. Dimana ia merasa bahwa diluar sana ada seseorang yang bisa membuat keadaan menjadi lebih baik, dan itu adalah seseorang tersebut.

Laman Psychology Today juga menyatakan bahwa kondisi savior complex ini merupakan sebuah konstruksi psikologi manusia dimana adanya keinginan yang kuat bagi seseorang untuk menyelamatkan orang lain. 

Biasanya orang orang yang mengalami savior complex ini akan melakukan segala cara untuk membantu siapa pun yang meminta pertolongannya dan merelakan apapun miliknya untuk membantu orang tersebut.

Baca Juga: Apakah Anda Termasuk People Pleaser? Yuk Kenali Dulu Ciri-cirinya Berikut Ini

Ciri lain dari savior complex ini adalah adanya rasa tertarik untuk mendekati dan membantu orang yang memiliki banyak masalah. Mereka juga percaya bahwa keberadaan mereka bisa mempengaruhi dan mengubah seseorang menjadi lebih baik.

Orang dengan savior complex juga cenderung memiliki perasaan untuk bisa menemukan solusi dan pemecahan permasalahan orang lain. Parahnya lagi mereka akan merasa bersalah jika tidak dapat menolong dan membantu permasalahan orang lain.

Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi mood seseorang. Rasa bersalah karena gagal membantu orang lain bisa memicu munculnya emosi yang tak terduga seperti frustasi, depresi, dan kehilangan kontrol.

Kondisi savior complex ini juga bisa membawa seseorang pada kondisi burn out. Dimana ia merasa kewalahan karena menggunakan seluruh energy dan waktunya untuk membantu orang lain secara total.

Selanjutnya: Hari Ini Puncak Kemunculan Gerhana Bulan Sebagian, Bisa Dilihat di Daerah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News