HOME, Santai

Hari Ini Puncak Kemunculan Gerhana Bulan Sebagian, Bisa Dilihat di Daerah Ini

Hari Ini Puncak Kemunculan Gerhana Bulan Sebagian, Bisa Dilihat di Daerah Ini

MOMSMONEY.ID - Fenomena gerhana bulan sebagian akan kembali bisa disaksikan di langit. Hari ini, 19 November menjadi puncak kemunculan gerhana bulan sebagian yang bisa diamati dari Indonesia.

Seperti yang dilansir dari laman BMKG, gerhana bulan sebagian ini merupakan fenomena dimana sebagian piringan bulan masuk ke umbra atau bayangan bumi. 

Akibatnya, ketika mencapai puncak gerhana bulan sebagian, bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan karena terkena umbra atau bayangan bumi.

Baca Juga: Belajar Sejarah Korea Lewat 4 Drama Sageuk Ini, Yuk

BKMG juga menjelaskan bahwa pada peristiwa gerhana bulan sebagian kali ini akan berlangsung selama 3 jam 29 menit 2 detik. Yang dimulai pada pukul 14:18, mencapai puncaknya pada pukul 16:02, dan berakhir pada pukul 17:47 WIB.

Durasi total gerhana berlangsung selama 6 jam 5 menit 7 detik, dari fase mulai hingga gerhana berakhir.

Daerah-daerah yang bisa menyaksikan kemunculan proses gerhana sebagian dari kemunculan bulan terbit hingga fase berakhir adalah daerah Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Bali, Kalimantan, sebagian Jawa bagian Timur, dan Bangka Belitung bagian Timur.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 Hari Ini 19 November, Simak Daftarnya!

Sedangkan seluruh daerah Jawa bagian Barat dan Sumatra bisa menyaksikan fase gerhana penumbra saja.

Bagi yang ingin menyaksikan gerhana bulan tentunya bisa disaksikan dengan mudah. Melansir dari laman Wikihow, menyaksikan gerhana bulan bisa hanya dengan mata telanjang saja. 

Karena gerhana bulan benar-benar aman untuk disaksikan dengan mata telanjang tanpa memberikan efek maupun resiko pada mata seperti menyaksikan gerhana matahari.

Namun, jika ingin menyaksikan gerhana bulan dengan alat bantu, teleskop bisa menjadi pilihannya. Teleskop bisa membantu mata untuk menyaksikan proses gerhana bulan dengan lebih jelas. Sehingga pengalaman menyaksikan gerhana bulan yang bersih dan jelas dapat dialami, 

Selanjutnya: Jangan Sampai Ketinggalan, Hellbound dan 3 Tontonan Netflix yang Tayang Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News