HOME, Bugar

Sudah Tahu Buah Carica? Inilah Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

Sudah Tahu Buah Carica? Inilah Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Buah carica atau pepaya gunung biasanya bisa ditemukan di dataran tinggi wilayah Wonosobo, Jawa Tengah. Buah ini mirip seperti pepaya tetapi berukuran kecil. Buah ini sering dibuat sebagai manisan.

Ternyata, buah carica memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah ini, inilah manfaat buah carica untuk kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1.  Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat buah carica untuk kulit yaitu mampu mengecilkan pori-pori. Banyak faktor yang menyebabkan pori-pori wajah besar seperti sel kulit mati, kotoran, dan penggunaan skincare yang tidak cocok.

Buah circa mengandung vitamin A yang bisa mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Sehingga risiko pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati akan berkurang. Pori-pori kulit akan mengecil secara perlahan setelah penggunaan buah carica.

Baca Juga: Merawat Kulit Anda, Inilah Manfaat Vitamin B untuk Kecantikan Kulit

2. Mengatasi Jerawat

Selanjutnya, manfaat buah carica untuk kulit adalah mengatasi dan merawat jerawat yang akan muncul pada kulit. Buah carica mengandung enzim papain yang efektif untuk merawat jerawat serta mengurangi bekas jerawat yang akan ditinggalkan.

3. Mencegah Penuaan Dini 

Manfaat buah carica untuk kulit selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, munculnya penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus dapat diperlambat karena terjadi pembentukan kolagen.

Dengan terjaganya kolagen dalam tubuh, kulit wajah akan terhindari dari penuaan dini, kerutan, dan kulit lebih halus. Selain vitamin C, buah carica juga mengandung vitamin E dimana bisa melawan radikal bebas dari sinar UV.

4. Meratakan Warna Kulit 

Manfaat buah carica untuk kulit lainnya adalah meratakan warna kulit. Jika Anda memiliki masalah warna kulit yang tidak rata, buah carica bisa jadi solusinya.

Anda bisa menggunakan buah ini sebagai eksfoliator alami. Selain itu, beta karoten, enzim, dan phytochemical dalam buah ini bisa membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News