Bugar

Stabilkan Glukosa Darah, Berikut Manfaat Sarapan guna Memulai Aktivitas Sehari-hari

Stabilkan Glukosa Darah, Berikut Manfaat Sarapan guna Memulai Aktivitas Sehari-hari

MOMSMONEY.ID - Pekan Sarapan Nasional yang diperingati setiap tahun pada 14–20 Februari selalu menjadi momentum untuk mengedukasi tentang betapa pentingnya manfaat sarapan guna memulai aktivitas sehari-hari. 

Menurut dosen gizi di Universitas Esa Unggul Nazhif Gifari, S.Gz, MSi, sarapan sangat penting untuk anak, karena bisa membekali tubuh zat gizi yang diperlukan untuk bisa berpikir, belajar, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal.

"Dalam memulai aktivitas sehari-hari, kita harus membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, itulah kenapa sarapan sangat penting," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (20/2).

"Jika anak-anak kita ingin proses belajarnya penuh konsentrasi, di pagi hari harus selalu sarapan," ucapnya.

Baca Juga: Kapan sih Waktu Makan yang Tepat? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Ada banyak sekali manfaat sarapan, di antaranya: 

  • mencegah dehidrasi setelah puasa sepanjang malam
  • Menstabilkan glukosa darah
  • Mencegah hipoglikemia
  • Mencegah obesitas
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Meningkatkan semangat belajar serta beraktivitas pada anak 

Tentu, Nazhif bilang, dalam menu sarapan juga penting untuk memperhatikan kandungan gizi yang seimbang.

Menu sarapan harus mengandung sumber energi dan serat yang cukup, serta penting juga untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang pembatasan asupan gula, garam, lemak (GGL), agar terhindar dari masalah kesehatan seperti penyakit degeneratif.

Berikut ini tips sarapan sehat yang bisa Anda praktekan sehari-hari, menurut Nazhif:

  • Buat menu sarapan praktis selama 1 minggu
  • Siapkan bahan-bahan unutuk menu sarapan di malam hari
  • Pastikan bahan makanan mengandung zat gizi seimbang
  • Lakukan sarapan bersama-sama

Baca Juga: Ini Bahayanya Kekurangan Nutrisi Pada Anak

Grant Senjaya, Head of Public Relation Department PT Ajinomoto Indonesia, mengungkapkan, Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, angka stunting di Indonesia pada tahun 2021 tercatat sebesar 24,4 persen.

"Dan, hingga saat ini, selain obesitas, stunting masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan serius di Indonesia. Risiko stunting tersebut dapat dicegah, salah satunya lewat sarapan bergizi," ujar dia.

Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk anak-anak. Sarapan sangat memengaruhi pola hidup dan tumbuh kembang mereka.

Program menggaungkan sarapan juga sebagai salah satu wujud komitmen Ajinomoto sebagai health provider dalam membantu memperpanjang usia harapan hidup sehat 1 miliar orang.

Menuju tahun 2030, Ajinomoto mempunyai dua tujuan besar. Pertama, meningkatkan kualitas dan harapan hidup sehat keluarga Indonesia. Kedua, mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan.

Baca Juga: Coba Lakukan Setiap Hari, Berikut Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Untuk merealiasikan komitmen tersebut, Grup Ajinomoto Indonesia juga sedang meningkatkan literasi dan pengetahuan seluruh karyawannya untuk dijadikan sebagai sebagai health provider. 

Health provider terdiri dari health provider for human being dan health provider for The Earth, karena Grup Ajinomoto Indonesia peduli terhadap perbaikan kesehatan seluruh masyarakat dan lingkungan.

Ajinomoto berharap, inisiatif yang mereka lakukan di Pekan Sarapan Nasional 2023 bisa menginspirasi anak-anak dan para orangtua Indonesia.

Dengan begitu, sadar dan akan pentingnya sarapan sehat juga kebutuhan nutrisi yang tercukupi, sehingga anak dapat tumbuh sehat, bahagia sekaligus ikut mengurangi angka stunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News