Santai

Kapan sih Waktu Makan yang Tepat? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kapan sih Waktu Makan yang Tepat? Cari Tahu Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Sebaiknya tak dilakukan sembarangan, berikut adalah waktu yang tepat untuk makan atau mengonsumsi makanan.

Sarapan, makan siang, bahkan makan malam pastinya menjadi hal rutin yang selalu dilakukan manusia untuk bertahan hidup.

Mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dapat membawa keuntungan bagi tubuh.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Basket bagi Kesehatan

Makan di waktu yang tepat bisa membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh sehingga dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk makan. Berikut adalah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan, dirangkum dari laman Times of India:

Makan pagi

Waktu sarapan yang ideal adalah yang dilakukan pada pukul 7 hingga 9 pagi. Sarapan perlu dilakukan untuk menggantikan energi yang digunakan tubuh selama semalam.

Nutrisi pun juga tidak didapatkan ketika tidur di malam hari, maka sarapan harus dilakukan sebelum memulai kegiatan. Sarapan yang ideal adalah diantara 30-60 menit setelah bangun di pagi hari.

Pastikan ada protein dalam menu sarapan dan jangan menunda waktu sarapan hingga pukul 10 pagi.

Baca Juga: 4 Tanda Anda Punya Kepribadian Terlalu Baik, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

Makan siang

Waktu yang ideal untuk makan siang ada pada antara pukul 12.30 hingga 14.00. Beri jeda kurang lebih 4 jam untuk mulai makan siang setelah menyelesaikan sarapan.

Makan siang juga sebaiknya dilakukan sebelum pukul 16.00. Namun, jika merasa lapar di antara waktu makan pagi dan makan siang, mengonsumsi snack sehat atau buah-buahan bisa dijadikan pilihannya.

Makan malam

Pukul 18.00 hingga 21.00 merupakan waktu ideal untuk makan malam. Hindari untuk mengonsumsi makanan lebih dari pukul 22.00.

Yang perlu dijadikan perhatian adalah pentingnya untuk memberikan jeda waktu 3-4 jam untuk mengonsumsi makan malam sebelum jam tidur.

Makan dengan waktu yang dekat dengan jam tidur dapat mengganggu kualitas tidur dan memberikan efek samping buruk bagi proses pencernaan.

Nah, itulah tadi beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan dari waktu sarapan hingga makan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News