HOME, Santai

Spyware Pegasus dapat Menyalakan Kamera Smartphone dari Jauh

Spyware Pegasus dapat Menyalakan Kamera Smartphone dari Jauh

MOMSMONEY.ID - Spyware Pegasus belakangan menjadi buah bibir karena berhasil meretas smartphone beberapa tokoh penting dunia. Spyware ini bekerja dengan cara mengontrol smartphone dari jarak jauh.

Spyware Pegasus adalah spyware buatan NSO Grup asal Israel yang dijual kepada pemerintahnya. Perangkat lunak tersebut kemudian digunakan untuk memata-matai tokoh penting seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga Presiden Pakistan Imran Khan.

Baca Juga: Pilihan HP 5G Termurah Harga 3 Jutaan

Apa itu Spyware Pegasus?

Spyware Pegasus bukanlah virus. Analis ancaman seluler Avast, Jakub Vavra, menyebut bahwa Spyware Pegasus adalah remote access tools (RAT). Kegunaannya adalah untuk mengontrol smartphone sehingga dapat merekam suara, video, dan bahkan screenshot layar.

Spyware ini dapat masuk ke perangkat smartphone bersistem operasi Android maupun iOS. Caranya adalah dengan menggunakan link palsu yang tidak sengaja diklik pengguna smartphone. Selain itu, iMessage di perangkat Apple juga menjadi sumber penyebaran.

Spyware Pegasus akan mengambil data pribadi. Beberapa data yang mungkin untuk diambil adalah foto, video, email, kontak, hingga browsing history. Selain itu, ada juga pengambilan data lokasi, file audio yang berasal dari mikrofon, dan dapat melakukan screenshot.

Bahkan, password sosial media pun dapat direkam. Spyware Pegasus akan memata-matai aplikasi messenger seperti Whatsapp, Telegram, Facebook, dan lainnya.

Karakteristik Spyware Pegasus

Spyware Pegasus dibuat cukup kecil, yaitu tidak akan melebihi 5% dari kapasitas penyimpanan yang ada dalam smartphone. Hal ini membuat pendeteksiannya cukup sulit, terutama di perangkat bersistem operasi Android.

Spyware ini masuk ke dalam smartphone dan mengumpulkan data. Data tersebut dikirim ke pusat data milik perancang spyware. Apabila tidak dapat mengirim data, maka Spyware Pegasus akan menguncinya.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan HP Baterai Besar yang Masih Ada di Pasaran

Cara menghindari Spyware Pegasus

Spyware Pegasus sebenarnya hanya menargetkan tokoh-tokoh penting. Namun, untuk sekedar mengantisipasi penyebaran spyware, beberapa hal berikut bisa dilakukan.

1. Selektif ketika membuka tautan, terutama tautan dari perangkat mengirim pesan teks.

2. Tambahkan pengamanan smartphone menggunakan PIN atau pengamanan yang lainnya.

3. Update software OS smartphone ke versi paling baru yang dapat digunakan. Cara ini dapat memperbaiki beberapa sistem keamanan dalam smartphone.

4. Tambahkan aplikasi antimalware.

Selanjutnya: Fitur 5G dan RAM 8GB, Redmi Note 10 5G Cuma 3 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News