InvesYuk

Sisa 4 Hari Lagi, Sebelum Beli Saham Perdana Blibli Intip Kinerja Keuangannya

Sisa 4 Hari Lagi, Sebelum Beli Saham Perdana Blibli Intip Kinerja Keuangannya

MOMSMONEY.ID - PT Global Digital Niaga Tbk alias Blibli bakal segera masuk ke bursa saham. Intip kinerja keuangan Blibli lebih dulu sebagai bahan pertimbangan Anda untuk membeli saham perdananya.

Anda bisa mulai memesan saham perdana Blibli dengan kode saham BELI hingga 24 Oktober 2022. Harga penawaran saham Blibli Rp 410 hingga Rp 460 per saham. 

Dalam penawaran perdana ini, Blibli melepas 177,7 juta lot saham perdana. Satu lot terdiri dari 100 lembar saham.

Apakah Anda berminat membeli saham Blibli? Yuk, intip dulu kinerja keuangannya. 

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Anda Tahu

Bagaimana kinerja keuangan Blibli saat ini?

Melansir prospektus Blibli, perusahaan e-commerce milik Grup Djarum ini memiliki pendapatan bersih Rp 6,7 triliun per Juni 2022. 

Pendapatan ini naik hingga 131% dari pendapatan bersihnya di Juni 2021. Pada Juni tahun lalu, Blibli hanya membukukan pendapatan bersih Rp 2,9 triliun.

Sebelum beli saham Blibli, tentu Anda juga harus tahu bagaimana kinerja keuangan di tahun-tahun sebelumnya.

Pada akhir 2021, Blibli membukukan pendapatan bersih Rp 8,86 trilin, naik sekitar dua kali lipat dari pendapatan akhir 2020 sebesar Rp 4,3 triliun. Kemudian, di 2019, pendapatan bersih Blibli sebesar Rp 4,18 triliun.

Meski pendapatan Blibli cukup besar dan terus mengalami peningkatan, beban keuangan mereka juga cukup besar. Sebelum membeli saham Blibli, Anda juga perlu mencermati beban ini.

Hingga Juni 2022, beban pokok pendapatan Blibli mencapai Rp 6,15 triliun. Sehingga, laba kotor Blibli hanya Rp 560,76 miliar.

Laba ini habis untuk beban operasional lainnya, hingga membukukan rugi Rp 2,5 triliun, naik dibanding kerugian Juni 2021 sebesar Rp 1,12 triliun.

Namun, kerugian yang dialami Blibli ini sementara menunjukan perbaikan dibanding 2019-2021. Di 2019, Blibli merugi hingga hampir Rp 5 triliun. Kemudian di 2020, kerugian turun menjadi Rp 3,52 triliun, namun kembali naik pada 2021 mencapai Rp 3,9 triliun.  

Dari sisi utang, Blibli memiliki utang bank jangka pendek mencapai Rp 5,07 triliun. Utang ini mendominasi dari jumlah keseluruhan utang, baik jangka panjang maupun pendek, sebesar Rp 8,7 triliun per Juni 2022. 

Sebelum beli saham Blibli, pahami dulu penggunaan hasil penjualan sahamnya

Dari penjualan saham perdana, Blibli menargetkan hasil Rp 8,17 triliun. Hasil dari penjualan saham perdana ini akan mereka gunakan untuk:

  1. Membayar saldo utang perbankan sebesar Rp 5,5 triliun. 
  2. Digunakan sebagai modal kerja untuk mendukung kegiatan usaha utama, seperti kegiatan penjualan dan pemasaran, pengembangan produk, pembiayaan kegiatan operasional, dan penambahan fasilitas pendukung usaha seperti pembaruan teknologi. 

Baca Juga: Suku Bunga Acuan BI Naik, Cek Bunga Kredit dan Simpanan Anda

Bagaimana cara membeli saham perdana Blibli?

Setelah membaca kinerja keuangan Blibli, apakah Anda tertarik membeli saham perdana Blibli? Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia ini. Kemudian pilih menu yang memiliki logo Blibli. 

Anda kemudian bisa memilih info lebih lanjut. Setelah itu, pilih tombol Pesan. Dan selanjutnya, Anda bisa mengikuti arahan dari Bursa Efek Indonesia.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sebagai bahan pertimbangan untuk membeli saham perdana Blibli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News