HOME, Keluarga

Singkirkan Fungal Acne yang Mengganggu dengan 5 Perawatan Sederhana Ini

Singkirkan Fungal Acne yang Mengganggu dengan 5 Perawatan Sederhana Ini

MOMSMONEY.ID - Fungal acne atau jerawat jamur sebagaimana dilansir dari Hello Sehat adalah masalah kulit akibat infeksi jamur malassezia di dalam folikel rambut yang dipengaruhi oleh kelenjar sebum pada kulit. Dikenal juga dengan pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis, fungal acne berbeda dengan jerawat pada umumnya. Adapun ciri-ciri fungal acne yang membedakannya dengan jerawat biasa adalah sebagai berikut:

  • Berbentuk benjolan kecil berisi nanah dengan ukuran yang hampir sama
  • Sering muncul dalam bentuk komedo putih yang kecil dan berkelompok
  • Cenderung terasa gatal
  • Biasanya muncul di area lengan, dada, punggung, atau wajah

Dikutip dari Healthline, pertumbuhan fungal acne dapat disebabkan oleh kelembaban berlebih akibat keringat, konsumsi antibiotik, perubahan pola makan, mengenakan pakaian ketat, serta lingkungan yang hangat dan lembab.

Baca Juga: 6 Kandungan Skincare yang Super Melembabkan, Cocok untuk Kulit Kering dan Kusam

Fungal acne bisa menular dan cenderung sulit untuk dihilangkan dengan krim jerawat biasa. Sebagai referensi bagi Anda yang mengidap fungal acne, inilah 5 perawatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah untuk membantu menyingkirkan fungal acne sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

1. Gunakan tea tree oil

Salah satu bahan terbaik untuk mengobati fungal acne adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Bersumber dari tanaman melaleuca alternifolia, minyak kaya nutrisi ini memiliki sifat antiseptik dan anti-jamur. Bahkan, senyawa yang ada di dalam tea tree oil diketahui dapat membunuh malassezia yang menginfeksi kulit sekaligus melembutkan kulit dalam waktu bersamaan.

Cara terbaik untuk menggunakan tea tree oil yaitu mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak zaitun atau jojoba. Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 10-12 tetes minyak zaitun atau jojoba menggunakan aplikator yang bersih. Setelah itu, oleskan campuran tersebut secara perlahan pada area yang terkena fungal acne dan tunggu hingga kering.

Jika Anda memiliki kulit yang terlalu kering dan sensitif, selalu ingat untuk melakukan uji tempel di bagian lengan sebelum mengaplikasikan tea tree oil ke seluruh tubuh Anda.

2. Gunakan sampo anti-ketombe

Dalam hal pengobatan fungal acne, banyak ahli kulit yang merekomendasikan sampo anti-ketombe sebagai simple hack yang berguna untuk menyingkirkan jerawat jamur yang bersemayam di punggung maupun dada. Hal ini dikarenakan formulasi dalam sampo anti-ketombe mengandung bahan aktif seperti zinc pyrithione, ketoconazole, dan selenium yang bersifat anti-jamur. Sifat yang berbusa dari sampo anti-ketombe juga menjadikan produk ini mampu bertindak sebagai pembersih yang baik untuk kulit tubuh Anda yang rentan terkena infeksi jamur.

Pertama-tama, tuang seukuran koin sampo anti-ketombe favorit Anda pada telapak tangan. Teteskan sedikit air pada sampo lalu gosok-gosokkan telapak tangan Anda hingga produk berbusa. Terakhir, oleskan busa sampo pada area tubuh yang terkena fungal acne dan diamkan selama sekitar 5 menit.

Setelah 5 menit, bersihkan tubuh Anda dengan air biasa kemudian keringkan dengan lap kain yang bersih. Sesaat setelah mandi dengan sampo anti-ketombe, lembabkanlah kulit Anda menggunakan produk body lotion yang lembut, tanpa pewangi, dan non-comedogenic guna mengatasi kekeringan kulit akibat sampo anti-ketombe tanpa menimbulkan iritasi atau permasalahan baru.

3. Gunakan azelaic acid

Azelaic acid adalah produk sampingan dari malassezia yang terbilang efektif untuk membantu menghilangkan fungal acne. Bekerja dengan cara mengatur kandungan asam lemak kulit, azelaic acid mampu mengontrol populasi ragi pada kulit dengan baik. Dan, mengingat azelaic acid tergolong lembut dan aman untuk sebagian besar jenis kulit, jadi bahan ini dapat digunakan sebagai solusi jangka panjang untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk membantu mengatasi fungal acne, Anda bisa menggunakan azelaic acid dalam bentuk serum. Agar hasilnya maksimal, pastikan Anda menggunakan azelaic acid secara konsisten dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah azelaic acid guna mengunci perawatan.

4. Gunakan sulfur

Penggunaan sulfur atau belerang dalam perawatan kulit memang sudah populer sejak zaman dahulu. Pasalnya, mineral ini mudah ditemukan di mana-mana dan telah menunjukkan berbagai khasiat yang luar biasa dalam pengobatan dermatitis, psoriasis, dan eksim.

Dalam kasus fungal acne, sulfur diklaim mampu membantu mengelupas sel kulit mati dan mengatur produksi sebum karena di dalam sulfur mengandung banyak senyawa yang beracun bagi jamur.

Anda bisa menggunakan sulfur dalam bentuk foaming cleanser. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lulur atau sabun yang mengandung sulfur pada area yang terkena fungal acne sebanyak satu kali sehari. Setelah menggunakan produk sulfur, pastikan Anda segera menindaklanjutinya dengan mengaplikasikan pelembab karena sulfur bisa sangat mengeringkan kulit Anda.

5. Gunakan salicylic acid

Salicylic acid adalah bahan lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk menyingkirkan fungal acne secara efektif. Selain mampu mengeksfoliasi kulit dan mengatasi pori-pori tersumbat, salicylic acid juga bisa membantu menjaga kulit yang rentan terhadap fungal acne agar tetap terlindungi dari pertumbuhan jamur sekaligus menghilangkan patchy dan kekusaman yang mungkin menyertainya.

Ada banyak cara untuk menggunakan salicylic acid. Anda bisa menggunakan salicylic acid dalam bentuk sabun mandi dan gel cleanser untuk mengobati fungal acne. Atau, Anda bisa menggunakan serum salicyclic acid sebelum tidur untuk merawat kulit yang dihinggapi fungal acne semalaman.

Dikarenakan salicylic acid dapat mengeringkan kulit secara alami, maka Anda tidak boleh lupa untuk menggunakan body lotion setelahnya supaya kulit Anda tetap terhidrasi alih-alih dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News