HOME, Keluarga

6 Kandungan Skincare yang Super Melembabkan, Cocok untuk Kulit Kering dan Kusam

6 Kandungan Skincare yang Super Melembabkan, Cocok untuk Kulit Kering dan Kusam

MOMSMONEY.ID - Permasalahan utama dari kulit bertipe kering yakni hidrasi dan kelembaban yang minim.

Jika terus dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik, kulit pun akan lebih mudah mengalami penuaan. Selain itu, kulit akan terlihat kusam dan tidak terawat.

Salah satu cara paling mudah untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik yaitu dengan rutin minum air putih sesuai anjuran kesehatan dan makan makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi kulit.

Supaya kulit Anda semakin jauh dari kekeringan maupun kekusaman, maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan yang melembabkan.

Kira-kira, kandungan skincare apa saja yang memiliki kemampuan melembabkan?

Dilansir dari makeupandbeauty.com, inilah 6 kandungan skincare yang super melembabkan dan cocok untuk para pemilik kulit kering maupun kusam.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Cobain Yuk!

1. Squalane

Minyak squalane memiliki tekstur yang ringan dan mudah terserap ke dalam kulit. Dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh kita, squalane cenderung bisa menembus jauh ke dalam kulit tanpa memerlukan banyak usaha.

Squalane mampu bertindak sebagai pelembab yang sangat baik, melembutkan kulit, menghidrasi, membuat kulit menjadi montok, dan mengurangi tingkat penuaan dini.

2. Glycerin

Banyak digunakan sebagai salah satu komponen utama dalam produk pelembab dan face cleanser, glycerin mampu menjebak sekaligus menarik lebih banyak kelembaban pada kulit.

Maka dari itu, tidak heran jika glycerin sangat membantu untuk mencegah kulit menjadi kering.

3. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki antioksidan yang tergolong tinggi dan mampu menembus jauh ke dalam kulit untuk mengisi kembali kelembaban yang hilang, meningkatkan pembentukan kolagen, dan mencegah penuaan dini.

Saat dioleskan pada wajah semalaman, aloe vera akan menghidupkan kembali, memperbaiki, mengisi, serta memberikan cahaya sehat yang mencerahkan kulit.

Bahkan, aloe vera juga memiliki kemampuan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, membantu membersihkan jerawat, dan menenangkan kulit yang iritasi.

Jika Anda ingin menyamarkan semua noda yang menempel pada kulit Anda, Anda bisa menggunakan produk berbahan aloe vera atau aloe vera gel secara teratur setiap malam.

4. Ceramide

Ceramide terkenal dengan kemampuannya dalam hal mencegah hilangnya kelembaban, mengurangi kekeringan, dan meningkatkan kekenyalan kulit.

Saat digunakan, bahan ini akan membentuk lapisan pelindung terhadap stres lingkungan yang bisa merusak kulit.

Tak sampai di situ, ceramide juga mampu mempertahankan hidrasi dan kelembaban pada kulit serta membantu mencerahkan kulit yang kusam.

5. Hyaluronic acid

Dalam hal menghidrasi dan melembabkan kulit, tidak ada yang bisa mengalahkan khasiat dari hyaluronic acid atau asam hialuronat.

Kendati bisa ditemukan di dalam tubuh kita, namun produksi hyaluronic acid akan semakin menurun seiring bertambahnya usia.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan booster hyaluronic acid yang bisa diperoleh dari produk skincare.

Ketika dioleskan pada kulit, hyaluronic acid akan mencegah hilangnya kelembaban dan memberikan hidrasi pada saat yang bersamaan.

Tak hanya membuat kulit menjadi super lembut, bahan ini juga mampu membuat kulit terasa halus dan montok.

Dengan menggunakan produk-produk berbasis hyaluronic acid, itu dapat menjadikan kulit lebih kenyal dan mengurangi visibilitas garis-garis halus serta kerutan.

6. Lactic acid

Termasuk dalam kategori AHA, lactic acid memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan bercahaya tanpa membuatnya kering.

Meskipun lactic acid lebih populer sebagai exfoliant, namun bahan ini tetap bisa berfungsi sebagai pelembab dan membersihkan kulit kusam apabila digunakan secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News