HOME, BisnisYuk

Simak Peluang Menjadi Agen BRILink, Laba Bisa Puluhan Juta per Bulan

Simak Peluang Menjadi Agen BRILink, Laba Bisa Puluhan Juta per Bulan

MOMSMONEY.ID - Kisah sukses dari agen BRIlink sudah banyak beredar di media massa. Agen BRIlink yang menyediakan layanan perbankan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (TBK) itu kini berkembang, sampai akhir tahun 2021 sudah mencapai 50.3.000 agen yang tersebar du banyak daerah. Nilai transaksinya juga semakin jumbo, tahun 2021 lalu nilainya mencapai Rp 1.143 triliun.

Peluang usaha menyediakan layanan perbankan tanpa kantor ini tentu sangat menggiurkan. Apalagi, saat ini banyak nasabah perbankan yang tak mau ribet datang ke kantor bank untuk mendapatkan layanan. Banyak diantara mereka memanfaatkan jasa agen BRIlink dalam melakukan transaksi keuangan.

“Waktu buka layanan yang lebih lama dari kantor bank, membuat jasa agen BRIlink sangat membantu transaksi nasabah,” kata Triyogo, agen BRIlink dari Sultan Mobile Shop di Petukangan Selatan, Kec Pesangrahan, Jakarta Selatan. Triyogo bercerita, Ia kerap menerima nasabah malam hari, untuk pembayaran termasuk membeli token listrik.

Dalam melayani transaksi, agen BRILink layaknya kasir bank yang bisa melayani transaksi keuangan kepada masyarakat secara real time online, baik menggunakan EDC BRI atau aplikasi BRILink Mobile.  Semua transaksi keuangan dikenakan tarif biaya transaksi yang menjadi pendapatan bagi agen BRIlink dan BANK BRI dengan pembagian berkonsep sharing fee.

Baca Juga: Triyogo, Anak Petani yang Sukses Bertransaksi Miliaran Rupiah Lewat Agen BRIlink

Sekadar gambaran, jasa transaksi mulai dari Rp 2000 per transaksi, tergantung dari jenis transaksinya. Untuk jasa pembayaran BPJS Kesehatan, PLN dan PDAM, tarifnya hanya berkisar Rp 2.000 sampai Rp 3.000. Namun untuk transfer uang dikenakan jasa transaksi mulai dari Rp 5000, semakin besar transaksi semakin tinggi jasa transaksinya.

Dari jasa pelayanan transaksi inilah, saban bulan Triyogo mampu meraih laba kotor antara Rp 30 sampai Rp 35 juta dengan rata-rata ratusan transaksi per harinya. Sebagian laba kini digunakannya untuk mempersiapkan tambahan gerai baru dari tiga gerainya yang sudah ada. “Jika pembatasan sosial dilonggarkan, saya sudah mempersiapkan ekspansi gerai,” kata Triyogo.

Nah, tahukah Anda, bahwasannya Anda  juga bisa membuka layanan jasa BRIlink ini jika memenuhi kriteria dan persyaratan yang sudah ditentukan oleh BRI. Dengan menjadi agen BRIlink ini, Anda tak perlu menghentikan usaha UMKM yang dilakukan. Karena prinsip dari layanan agen BRIlink adalah cross selling, sehingga bisa jalan barengan.  

Berikut persyaratan yang harus dipersiapkan jika Anda ingin menjadi agen BRIlink;

  • WNI perseorangan/instansi non berbadan hukum.
  • Sudah memiliki usaha minimal 2 tahun .
  • Memiliki rekening BANK BRI.
  • Menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen, atau sudah tercatat sebagai kreditur BRI.
  • Memiliki smartphone untuk menjalankan aplikasi Agen BRILink Mobile.
  • Memiliki surat keterangan usaha dari perangkat desa atau petugas RT dan RW).
  • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.

Baca Juga: Ini 5 Cara Transfer BRI lewat ATM hingga BRILink

De Vilera, Staf BRI Jakarta 3 yang bertugas mengurus agen BRIlink menjelaskan, setelah persyaratan dilengkapi, selanjutnya calon agen BRILink bisa mengajukan permohonan ke kantor Bank BRI terdekat. Selanjutnya, adapun dokumen yang perlu dilengkapi dan disertakan kepada BRI, antara lain;

  • Fotokopi dokumen identitas pemilik/pengurus berupa KTP dan NPWP,
  • Fotokopi rekening BANK BRI
  • Fotokopi dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha), akta pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum), dan izin usaha lainnya.
  • Untuk agen individu, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap/SK pensiunan.
  • Melengkapi dokumen dan mengisi formulir pengajuan Agen BRILink serta perjanjian kerja sama BRILink.
  • Mengajukan seluruh kelengkapan dokumen ke unit kerja Bank BRI terdekat (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit).

Baca Juga: Nilai Transaksi Semakin Moncer, Agen BRIlink Kini Bisa Menyalurkan Kredit

Setelah dokumen diajukan, maka selanjutnya dokumen tersebut akan direview Kantor Wilayah BRI. Jika disetujui, maka petugas BRI akan menghubungi  calon agen BRIlinknya. “Tahapan pertama status agen adalah pemula dengan target di bawah 45 transaksi yang dilakukan lewat mobile, kalau lebih dari 120 transaksi bisa pakai EDC (electronic data capture),” kata De Vilera.

Tingkatan agen BRIlink setelah pemula adalah agen Jawara dengan transaksi 500 sampai 1.500 transaksi per bulan. Setelah itu adalah agen Juragan dengan transaksi lebih dari 1.500 transaksi per bulan. “Setelah menjadi agen, kita dapat banyak fasilitas dari BRI, salah satunya adanya dana talangan dengan bunga murah,” kata Triyogo.

Untuk diketahui, jenis layanan keuangan yang dilayani agen Brilink antara lain; setor tunai dan tarik tunai, serta top up BRIZZI. Agen BRILink juga menyediakan layanan perbankan seperti referral pembukaan tabungan BSA, referral pembiayaan kredit mikro, pembelian produk asuransi mikro (AMKKM) dan pembayaran tagihan seperti air, listrik, pajak dan zakat.

Agen BRILink juga bisa melakukan transaksi keuangan non tunai seperti yang disediakan di ATM. Beragam transaksi tersebut antara lain transfer, pembayaran BPJS, cicilan pinjaman, pembelian pulsa, top up e-wallet (GoPay, OVO, Dana). Anda berminat jadi agen BRIlink?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News