HOME, BisnisYuk

Nilai Transaksi Semakin Moncer, Agen BRIlink Kini Bisa Menyalurkan Kredit

Nilai Transaksi Semakin Moncer, Agen BRIlink Kini Bisa Menyalurkan Kredit

MOMSMONEY.ID - Matahari bersinar temaram pada sore hari Sabtu (19/2) lalu. Empat karyawati gerai Sultan Mobile Shop di bilangan Petukangan, Jakarta Selatan saling bergantian melayani nasabah yang datang untuk melakukan transaksi keuangan. Ada yang mau membayar iuran BPJS, membeli token listrik dan juga melakukan top akun Gojek. Antara karyawati dan nasabah tampak akrab, mereka seolah sudah terbiasa dan mengenali nasabahnya.

Semakin sore, kunjungan nasabah terlihat semakin ramai. Pengunjung datang silih berganti, dan karyawati melayani juga bergantian. Ternyata, di gerai berukuran 4 meter  x 6 meter itu menerapkan layanan dua shift kerja. Mereka melayani transaksi perbankan, seperti layaknya kasir bank di ruangan ber AC. “Hampir semua transaksi keuangan bisa kami lakukan,” kata Triyogo, pemilik Sultan Mobile Shop yang telah menjadi agen BRILink sejak 2020 lalu.

Agen BRIlink merupakan perpajangan layanan dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang dikerjasamakan dengan agen yang rata-rata adalah pelaku usaha kecil dan menengah. Adapun agen juga bisa melakukan layanan transaksi perbankan bagi masyarakat secara realtime dengan konsep sharing fee. Selain menguntungkan bagi BRI, kehadiran BRIlink juga bisa menambah pendapatan agen karena ada cross seling dari usahanya.

Baca Juga: Plafon KUR 2022 Naik, Berikut Tips Pengajuan KUR BRI untuk UMKM

Agak berbeda dengan layanan di perbankan yang hanya bisa melayani nasabah saat jam kerja. Dengan mendatangi agen BRILink di Sultan Mobile Shop, nasabah bisa datang di hari libur bahkan saat Lebaran. Selain itu, Triyogo sebagai pemilik juga melayani transaksi sampai pukul 00.00 WIB, waktu layanan yang mustahil bisa dilakukan di kantor perbankan.

Selain layanan yang fleksibel, nasabah yang datang juga tidak repot antri lama untuk melakukan transaksi. Berbeda dengan perbankan, dimana nasabah harus cari parkir dulu, ambil antrian dan menunggu panggilan. “Kami bebas parkir, layanan cepat karena ada empat kasir yang siasa dari pukul 7.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB,” kata Triyogo yang bisa mencatat transaksi 250 sampai 350 transaksi per hari.

Tak hanya menikmati transaksi keuangan saja. Kerap pula, nasabah yang melakukan transaksi keuangan ikut belanja pulsa, aksesori ponsel dan juga ponsel di gerai milik Triyogo. Inilah konsep cross selling yang diperoleh oleh Triyogo dalam menyediakan layanan perbankan lewat agen BRIlink tersebut.

Pengalaman melakukan cross selling juga dirasakan Lim Shihab, pemilik usaha toko plastik 45 di Kelapa Gading yang juga menjadi agen BRIlink. Dalam sebuah video yang direkam oleh BRIlink, Liem menceritakan pengalamannya saat nasabah belanja produk plastik setelah melakukan transaksi keuangan.

Baca Juga: Kisah Sukses BeeMa Honey Ekspor Madu ke Mancanegara

Karena mendukung usahanya, Liem kemudian semakin tekun dalam melayani nasabah yang datang. Pucuk dicinta ulampun tiba. Ketekunannya melayani nasabah berdampak pada kenaikan jumlah transaksi yang berarti menambah pundi-pundi uangnya.  "Awal-awal tidak banyak transaksi hanya 500-600 per bulan, sekarang sudah 4.500 transaksi per bulan,” kata Liem.

Menjadi penyalur kredit

Meski kerja-kerjanya tak menonjol, namun usaha yang dilakukan agen BRIlink telah membantu banyak pihak. Triyogo bilang, banyak warga yang tak punya waktu  antri di bank  terbantu dengan layanan mereka. Seperti buruh konveksi hanya sempat keluar dari area konveksi jika malam tiba. Mereka juga butuh transfer uang untuk keluarga, atau membeli paket data dan lainnya. “Kalau malam hari, solusinya mereka datang ke tempat kami,” kata Triyogo.

Begitu juga dengan pedagang mikro kecil yang terkadang tak punya waktu meninggalkan usahanya untuk transaksi di bank saat jam kerja. Alhasil, mereka juga mendapatkan manfaat dari transaksi di agen BRIlink. Dalam catatan  Triyogo, transaksi terbanyak yang mereka terima adalah transfer, bayar BPJS dan juga pembayaran token, serta top up saldo dompet digital. “Hampir semua transaksi keuangan di bank bisa kami lakukan,” kata pria dengan dua putra itu.

Berkat kerja keras para agen tersebut, tahun 2021 lalu, transaksi dari para agen BRIlink itu bisa menembus nilai Rp 1.000 triliun. Nilai transaksi ini naik signifikan ketimbang tahun sebelumnya yang hanya Rp 843,21 triliun. Nilai transaksi fantastis ini tentu mencengangkan, karena para pelaku yang melakukan transaksi rata-rata adalah pengusaha kecil dan menengah.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, agen BRILink telah melakukan 801 juta transaksi per November 2021. Sampai dengan Desember 2021 lalu, ada 503.151 agen seperti Triyogo . Mereka tersebar ke pelosok daerah terutama di pasar-pasar tradisional dan juga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga: Simak Peluang Bisnis Sedotan Ramah Lingkungan yang Digemari Para Turis

Kini, pasca sinergi yang dilakukan BRI dengan Pegadaian dan PNM, agen BRIlink juga mendapatkan peran baru, yaitu menyalurkan pinjaman sampai dengan Rp 10 juta. Direktur Utama BRI Sunarso bilang, akses pembiayaan untuk pelaku usaha ultra mikro yang disalurkan itu merupakan upaya untuk menaik-kelaskan para pelaku usaha ultra mikro.

“Dengan jangkauan AgenBRILink yang luas, kami harapkan pelaku usaha ultra mikro dapat mengajukan pembiayaan dengan lebih mudah dan dekat. Fasilitas pembiayaan inilah yang kemudian akan menjadi ‘bahan bakar’ pelaku usaha ultra mikro dalam meningkatkan skala bisnisnya,” kata Sunarso yang dikutip reporter KONTAN, Maizal Walfajri pada Minggu (6/2).

Lanjutnya, AgenBRILink terus mencatatkan kinerja positif untuk melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat. Pihaknya mengungkapkan bahwa dari sisi jumlah Agen telah mengalami peningkatan, sesuai dengan upaya BRI memperluas jangkauan pada masyarakat di seluruh Indonesia.

Sunarso bilang, sepanjang tahun 2021, referral pinjaman melalui AgenBRILink juga tercatat tumbuh 333,31% dengan total plafon Rp 4,36 triliun. Ini menandakan, agen BRIlink memiliki kerja-kerja kongrit dalam meningkatkan solusi keuangan bagi pelaku usaha. “Tidak hanya saya, tetapi juga pelaku usaha disekitar tempat saya terbantu dengan kemudahan transaksinya,” kata Triyogo menanggapi perannya untuk menyalurkan kredit.

Muhammad Nasir, Agen BRILink di Jalan Starban no 4 Medan, Sumatera Utara juga menanggapi positif peran baru yang akan diembannya. Nasir bilang, pengajuan pinjaman melalui agen BRIlink itu akan mengangkat perekonomian warga di sekitar tempat usahanya.

“Bagi saya, menjadi Agen BRILink menjadikan saya dapat turut membantu banyak orang. Karena kehadiran saya bisa menjembatani masyarakat untuk bisa memperoleh layanan perbankan lebih dekat tanpa perlu ke kantor bank,” kata Nasir.

Dalam periode Oktober hingga Desember 2021, jumlah transaksi yang dibukukan oleh Nasir sebagai agen BRILink mencapai 6.929 kali. Adapun volume transaksi pada periode yang sama mencapai Rp 4,69 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News