HOME, Keluarga

Simak, Ini 5 Tips Mengelola Stres Selama Kehamilan

Simak, Ini 5 Tips Mengelola Stres Selama Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Saat masa kehamilan tiba, akan ada hari di mana Anda harus bisa mengatasi berbagai emosi yang mengganggu tidak terkecuali stres akibat memikirkan kesehatan bayi, persiapan kelahiran, atau perubahan hidup.

Walaupun tergolong normal, namun stres yang berkepanjangan selama kehamilan dapat berdampak buruk bagi ibu maupun bayi yang ada di dalam kandungan. Faktanya, tingkat stres yang tinggi dapat memperburuk gejala kehamilan seperti sulit tidur dan nyeri tubuh serta berkontribusi pada masalah yang lebih besar seperti depresi, masalah berat badan, atau bahkan darah tinggi.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang sedang hamil untuk menemukan cara mengelola stres dengan tepat. Melansir PennMedicine Lancaster General Health, berikut 5 tips yang bisa Anda ikuti untuk mengelola stres selama hamil.

Baca Juga: Psikolog: 3 Alasan Orang Tua Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak

1. Fokus pada pernapasan

Bernapas dalam-dalam dapat membantu tubuh Anda mendapatkan oksigen ekstra. Pada gilirannya, otot dan otak pun akan merasa relaks.

Saat hamil, Anda bisa mencoba meditasi atau sekadar duduk tenang dan menarik napas panjang yang mengisi perut melalui hidung lalu mengeluarkannya perlahan melalui hidung atau mulut. Selain membuat tubuh merasa relaks dan termanjakan, fokus pada pernapasan juga bisa membuat Anda terhindar dari stres berkelanjutan.

2. Prioritaskan istirahat

Pada wanita hamil, tidur tidak selalu menjadi rutinitas yang datang semudah itu. Pasalnya, tubuh cenderung mengalami banyak hal selama hamil. Di sisi lain, tidak cukup tidur dapat meningkatkan stres pada masa kehamilan.

Jika Anda kesulitan untuk tidur, cobalah untuk melakukan ritual yang menenangkan sebelum tidur seperti mandi air hangat, minum secangkir teh herbal bebas kafein, mendengarkan musik yang syahdu, atau beraktivitas tanpa gadget.

3. Gerakkan tubuh Anda

Menggerakkan tubuh secara teratur tidak hanya bagus untuk kebugaran fisik melainkan juga baik untuk pikiran. Saat Anda berolahraga, zat kimia dalam tubuh bernama endorfin pun akan terlepas. Alhasil, suasana hati Anda akan meningkat dan gejala depresi serta kecemasan pun akan mereda.

Tak perlu olahraga berat, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat olahraga dengan berjalan-jalan di sekitar rumah. Selain bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung, berjalan-jalan juga akan memberikan Anda udara segar yang dapat menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan endorfin.

4. Makan makanan sehat

Kendati momen ngidam dapat mengganggu pola makan Anda, pastikan Anda tetap berusaha untuk makan makanan sehat dan minum banyak air putih.

Saat Anda mengisi tubuh Anda dengan pilihan makanan yang sehat, itu akan memastikan Anda dan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk merasa lebih baik dan kuat secara fisik maupun mental. Jika perlu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang tentunya sesuai dengan anjuran dokter kandungan Anda.

5. Bagikan perasaan Anda

Terkadang, membagikan perasaan atau kekhawatiran dengan orang lain dapat mengurangi beban Anda lho Moms. Anda bisa membagikan perasaan Anda dengan ibu hamil atau ibu baru lainnya untuk mendapatkan saran yang mungkin berguna untuk menghilangkan stres selama masa kehamilan.

Jika sedang tidak ada orang yang bisa dijadikan tempat bercerita, Anda bisa menulis jurnal atau membuat daftar berisi hal-hal yang Anda syukuri. Meski terkesan sederhana, namun kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres yang mengganggu keseharian Anda.

Moms, apabila stres yang Anda alami terasa tak terkendali, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda ya. Jika stres disertai dengan kurang tidur, kurang nafsu makan, atau perilaku tidak sehat, itu berarti sudah waktunya bagi Anda mendapatkan bantuan untuk mengelola stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News