HOME, Keluarga

Simak 6 Teknik yang Bikin Masakan Anda Beragam, Sudah Tahu?

Simak 6 Teknik yang Bikin Masakan Anda Beragam, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Memasak memerlukan teknik dan metode yang beragam agar bisa menyajikan berbagai hidangan enak yang bisa dimakan.

Meski tidak pandai memasak, tapi Anda wajib mengetahui beberapa teknik memasak ini sebagai pengetahuan agar bisa memvariasikan masakanmu.

Untuk itu, MomsMoney akan memberitahumu berbagai jenis teknik memasak. Dirangkum dari Royco, berikut 6 teknik memasak yang bisa bikin masakanmu makin beragam, selengkapnya!

Baca Juga: Ide Memasak Sarapan Praktis yang Bisa Dilakukan Dengan Cepat, Yuk Ikuti!

Poaching

Teknik memasak pouching ini terbilang unik, Moms! Hal ini karena pouching tidak hanya menggunakan air saja, tetapi bisa juga diganti menjadi kuah kaldu, cuka, ataupun jus buah.

Poaching bukan hanya sekadar merebus biasa, melainkan merebus menggunakan suhu air yang lebih rendah.

Dilansir dari PCC Markets, teknik memasak pouching ini membuat makanan menjadi jauh lebih lembut dan empuk. Selain itu, protein dalam makanan tidak akan menghilang karena direbus dalam suhu yang tidak terlalu panas.

Contoh makanan dengan teknik pouching ini adalah Pouched Egg.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Agustus 2021, Pizza Merah Putih Spesial Agustus Cuma Rp 109 Ribu

Deep Frying

Dilansir dari Jessica Gavin, teknik memasak deep frying adalah metode memasak dengan merendam makanan sepenuhnya ke dalam minyak panas.

Suhu yang dipakai ketika memasak mencapai 204°C yang gunanya agar bisa mendapatkan warna kuning keemasan pada makanan yang digoreng meski dimasak dalam waktu yang singkat.

Teknik memasak deep frying ini biasa dilakukan di restoran-restoran cepat saji ketika menggoreng french fries.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Daun Mint yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Sautéing

Ilustrasi teknik memasak sauteing oleh seorang koki

Baca Juga: Microwave Terbukti Mampu Membunuh Virus dan Bakteri, Simak Faktanya

Teknik memasak selanjutnya ialah sautéing.

Dilansir dari cooking light, sautéing merupakan teknik menumis makanan secara cepat dalam jumlah kecil dengan menggunakan minyak goreng seminimal mungkin. Teknik memasak sautéing ini dilakukan di atas api yang panas.

Uniknya, meski minyak yang dipakai sangat sedikit, namun proses memasak pada api maksimal dapat membantu meratakan keseluruhan makanan yang dimasak hingga berwarna kecoklatan, lo!

Teknik memasak dengan menumis atau sautéing ini diambil dari bahasa Perancis, yakni sauté yang artinya “loncat”. Disebut meloncat-loncat karena saat menumis, makanan harus selalu dibolak balik agar merata sehingga menimbulkan kesan ‘makanan sedang meloncat-loncat’.

Baca Juga: Kunci Ampuh Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Baking

Teknik memasak baking adalah metode memasak dengan menggunakan energi panas untuk memasak makanan secara tidak langsung pada suhu lebih rendah.

Energi panas ini disebut dry heat cooking yang dapat dilakukan jika Anda memasak menggunakan oven.

Makanan-makanan yang bisa Anda masak menggunakan metode memasak baking ialah makanan berbahan dasar tepung dan roti. Anda bisa membuatnya menjadi berbagai macam cake, pastry, ataupun roti.

Baca Juga: 6 Pewarna Alami untuk Makanan si Kecil yang Susah Makan

Broiling

Hampir sama seperti baking, namun perbedaan pada teknik memasak broiling adalah metode memasak dengan menggunakan energi panas secara langsung pada suhu lebih tinggi.

Dilansir dari Healthline, teknik memasak broiling cocok digunakan untuk memasak makanan seperti daging, ikan, buah-buahan, dan sayuran pada suhu 289°C.

Oven yang digunakan pada teknik memasak broiling ini haruslah disesuaikan dengan suhu yang tinggi agar energi panasnya bisa mematangkan makanan seperti daging ayam ataupun daging sapi.

Baca Juga: Resep Mie Kuah Susu Creamy, Sajian Mie Kuah ala Kafe

Steaming

Steaming adalah teknik memasak dengan cara mengukus menggunakan uap air pada suhu titik didih.

Tidak seperti menggoreng, metode memasak dengan menggunakan teknik steaming membuat makanan tetap terjaga nutrisinya hingga 50%.

Anda disarankan untuk menggunakan metode steaming ini untuk memasak makanan penuh gizi seperti ikan, sayuran, dan seafood.

Selanjutnya: Promo McD 7-16 Agustus 2021, Tebus 3 Ayam dan 3 Nasi Hanya Rp 45.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News