HOME, Keluarga

6 Pewarna Alami untuk Makanan si Kecil yang Susah Makan

6 Pewarna Alami untuk Makanan si Kecil yang Susah Makan

MOMSMONEY.ID - Makanan yang dibuat dari pewarna alami selain enak dipandang, juga bisa dijadikan sebagai penambah nafsu makan. Menurut AWG Sales Service, hal ini disebabkan karena makanan berwarna-warni membuat orang yang melihatnya merasa lapar.

Makanan berwarna-warni bisa dibuat dari bahan pewarna alami yang tidak berbahaya. Bahan pewarna alami ini biasanya didapatkan dari buah, sayur, ataupun ekstrak bunga.

Pewarna alami bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kreasi ide makanan yang berwarna-warni untuk si kecil yang susah makan. Ini gunanya untuk menambah daya tarik pada makanan.

Baca Juga: Kreasi Membuat Cake Tanpa Oven di Rumah, Tertarik Mencoba?

Dirangkum dari Lemonilo, langsung saja simak yuk 6 pewarna alami untuk ide makanan si kecil yang susah makan, selengkapnya!

Ubi ungu

Ubi ungu sebagai pewarna alami pada makanan

Sesuai namanya, ubi ungu menghasilkan warna ungu kemerahan yang cantik dan bisa anda manfaatkan sebagai pewarna alami.

Anda bisa menggunakan pewarna alami dari bahan dasar ubi ungu sebagai pewarna pada berbagai macam hidangan, seperti mie ataupun es krim.

Bayam

Bayam, pewarna alami pada makanan

Kandungan klorofil yang kuat pada bayam akan menghasilkan warna hijau yang bisa anda manfaatkan sebagai pewarna alami.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai pewarna alami pada makanan yang tentu menyehatkan dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga: Promo McD 7-16 Agustus 2021, Tebus 3 Ayam dan 3 Nasi Hanya Rp 45.000

Tinta cumi

Ilustrasi Tinta Cumi sebagai pewarna alami pada makanan

Tinta cumi yang hitam bisa anda manfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Tinta cumi akan menghasilkan warna abu-abu pada makanan.

Anda bisa memanfaatkan tinta cumi ini sebagai pewarna alami pada hidangan kue, mie, nasi, dan lain-lain.

Stroberi

Stroberi, pewarna alami pada makanan

Buah berwarna merah ini bisa anda manfaatkan sebagai bahan pewarna alami pada makanan, lo!

Tampilan warna merah yang menarik ini bisa anda dapatkan dengan cara memblender buah stroberi ini. Jangan lupa untuk menyaring serat dan bijinya. Lalu, air perasan stroberi tadi bisa anda gunakan ke dalam adonan yang ingin dicampur.

Gardenia kuning

Ekstrak bubuk buah gardenia kuning bisa anda gunakan sebagai bahan pewarna alami.

Bubuk kuning ekstrak buah gardenia ini bisa anda dapatkan melalui proses penghancuran, ekstraksi, filtrasi, pemurnian, konsentrasi, sterilisasi, penyemprotan, dan pengeringan.

Uniknya, ekstrak bubuk buah gardenia kuning bisa dilarutkan ke air maupun alkohol. Jadi, anda bisa mamanfaatkannya tidak hanya sebagai pewarna alami untuk makanan namun juga untuk industri tekstil.

Selain menggunakan ekstrak bubuk buah gardenia kuning, anda juga bisa mendapatkan warna kuning dari kunyit dan wortel yang diparut atau di blender.

Kunyit

Baca Juga: Kisah Unik Di Balik 5 Hidangan ala Italia yang Populer di Dunia

Blueberry

Blueberry bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan

Baca Juga: Resep Ayam Rica Daun Kemangi, Sajian Pedas Khas Manado yang Wangi

Ternyata blueberry juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami, loh Moms!

Caranya mudah, cukup didihkan buah blueberry dalam panci besar yang digabungkan dengan air dan tunggu 2-3 jam untuk mendapatkan warna yang lebih gelap.

Untuk mendapatkan warna yang lebih menonjol, anda bisa memeras buah blueberry ini menggunakan saringan setelah air rebusan dingin, ya.

Warna ungu kebiruan yang cantik dari blueberry bisa Anda manfaatkan untuk membuat kreasi unik warna-warni pada bekal makanan anak. Pasti unik, bukan?

Selanjutnya: Tips Membuat Popcorn Karamel Ala Bioskop di Rumah yang Anti Gagal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News