HOME, Bugar

Simak 4 Cara Mencegah Bibir Pecah-Pecah dengan Benar

Simak 4 Cara Mencegah Bibir Pecah-Pecah dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Munculnya bibir pecah-pecah menjadi wajah tidak segar dan merusak tampilan warna lipstik. Bibir pecah-pecah dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi di beberapa kasus, kondisi bibir bisa semakin parah dan bisa menyebabkan cheilitis (peradangan di permukaan bibir). 

Oleh karena itu, pentingnya menjaga kesehatan bibir Anda setiap hari. Jika ingin memiliki bibir sehat dan segar, berikut beberapa cara mencegah bibir pecah-pecah yang bisa Anda coba. Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Cara mencegah bibir pecah-pecah pertama adalah hindari kebiasaan menjilat bibir. Ternyata, kebiasaan ini malah memperburuk kondisi bibir Anda. Menjilat bibir justru bisa menyebabkan bibir semakin kering dan menimbulkan gatal hingga pecah-pecah.

Hal ini disebabkan karena air liur cepat menguap sehingga bisa menyebabkan bibir semakin kering seiring air liur yang ada di bibir menguap. 

2. Gunakan Lip Balm atau Pelindung Bibir

Cara mencegah bibir pecah-pecah selanjutnya yaitu gunakan lip balm atau pelindung bibir. Anda bisa mengaplikasikan lip balm setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar rumah dan di bawah sinar matahari.

Disarankan memilih lip balm dengan kandungan alami, seperti teh hijau, lidah buaya, minyak kelapa, madu, dan sebagainya untuk mencegah bibir pecah-pecah

Baca Juga: 4 Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit yang Perlu Anda Tahu

3. Rutin Minum Air Putih

Rutin minum air putih termasuk cara tepat mencegah bibir pecah-pecah. Selain mencukupi asupan cairan tubuh, minum air putih secara rutin juga dapat menghidrasi bibir agar tidak kering. Cukup minum air putih minimal delapan gelas setiap harinya agar kebutuhan asupan cairan tubuh dan bibir dapat terpenuhi. Bawa botol minum saat akan bepergian ke luar rumah. 

4. Perhatikan Pemakaian Obat-Obatan Tertentu

Terakhir, cara mencegah bibir pecah-pecah adalah dengan memperhatikan pemakaian obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang memiliki efek samping ini adalah pereda nyeri, obat jerawat, dan antihistamin. Jika Anda perlu mengonsumsi obat-obat tersebut, pastikan asupan cairan tubuhmu tetap tercukupi dan sering gunakan lip balm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News