AturUang

Siapa yang Seharusnya Menabung Biaya Pernikahan?

Siapa yang Seharusnya Menabung Biaya Pernikahan?

MOMSMONEY.ID - Menyiapkan biaya pernikahan memang perlu dilakukan jauh-jauh hari. Namun, yang jadi pertanyaan adalah siapa yang sebenarnya wajib menyiapkan biaya pernikahan?

Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Financial, mengatakan, umumnya yang menyiapkan biaya pernikahan adalah orangtua dari pihak perempuan.

"Kenapa? Karena jika mengikuti Islam, pihak laki-laki hadir sebagai tamu saja. Pihak laki-laki tugasnya membawa mahar dan saksi nikah," kata Prita. 

Baca Juga: Mau Menikah? Berikut Tips Mudah Memilih Bridesmaid di Acara Pernikahan

Namun, karena budaya Indonesia juga memiliki adat istiadat, maka pada akhirnya prosesi pernikahan juga diikuti oleh pesta resepsi atau syukuran. Dengan demikian, sewajarnya kedua belah pihak juga ikut kontribusi dalam biaya pernikahan.

Menurut Prita, biaya pernikahan masuk ke dalam tujuan finansial bagi orangtua. "Tapi, pada umumnya, orangtua baru mempersiapkan dana pernikahan setelah selesai kewajiban untuk dana pendidikan anak," ungkap Prita. 

Bahkan, seiring perkembangan zaman, muncul lagi budaya baru, seperti bridal shower, pre-wedding photo, dan honeymoon.

Maka, agar sesuai dengan keinginan pihak mempelai, ada baiknya calon mempelai pria dan wanita juga mempersiapkan biaya untuk kebutuhan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News