HOME, Bugar

Sering Mengantuk Saat Bekerja? Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkannya

Sering Mengantuk Saat Bekerja? Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkannya

MOMSMONEY.ID - Kesibukan sering kali membuat orang tidak mencukupi kebutuhan tidur malam hari. Akibatnya, rasa ngantuk menyerang di pagi hingga sore hari saat bekerja.

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja bisa dengan rutin bergerak, minum kopi, minum air putih, makan camilan sehat, hingga tidur siang. 

Mengetahui cara menahan ngantuk saat bekerja dapat membantu Anda tetap segar dan kembali beraktivitas secara produktif. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Dilansir dari Sleep Education, simak berbagai cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja berikut ini:

1. Luangkan waktu bergerak 

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja yang pertama adalah dengan meluangkan waktu untuk bergerak. Banyaknya pekerjaan bisa membuat Anda merasa jenuh dan mengantuk.

Untuk itu, Anda disarankan meluangkan waktu untuk bergerak di sela-sela pekerjaan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja. 

2. Makan camilan sehat

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja yang kedua adalah makan camilan sehat. Daripada kopi dan makanan manis, camilan sehat bisa jadi pilihan terbaik dikonsumsi saat ngantuk.

Kafein pada kopi memang dapat menghilangkan ngantuk, tetapi efeknya membuat kualitas tidur menurun. Sementara itu, gula pada makanan manis dapat membuat tubuh jadi cepat lelah. 

3. Minum kopi

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja yang ketiga adalah minum kopi. Minum kopi menjadi cara menahan ngantuk saat bekerja yang paling sering dilakukan banyak orang.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf sehingga membuat tubuh Anda tetap terjaga namun jangan terlalu sering.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Nangka. Nomor 5 Bisa Memperkuat Tulang!

4. Perbaiki kualitas tidur

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja yang keempat adalah memperbaiki kulaitas tidur. Sesekali mengantuk saat kerja memang hal yang wajar.

Anda bisa memulainya dengan membatasi aktivitas pada malam hari dan hindari aktivitas dengan gawai seperti ponsel atau laptop, dan tidur setidaknya 7 jam setiap malamnya. 

5. Minum air putih yang cukup

Cara ampuh menghilangkan ngantuk saat bekerja yang kelima adalah minum air putih yang cukup. Mencukupi asupan air putih bisa membuat Anda tetap segar sepanjang hari. 

Jika waktu tidur sudah tercukupi dan cara ini dilakukan tapi tidak kunjung membuahkan hasil, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News