HOME, Bugar

5 Manfaat Buah Nangka. Nomor 5 Bisa Memperkuat Tulang!

5 Manfaat Buah Nangka. Nomor 5 Bisa Memperkuat Tulang!

MOMSMONEY.ID - Buah nangka lebih dikenal lewat olahan gudeg atau topping es doger. Buah nangka juga tidak sepopuler buah lainnya yang dimasukkan dalam menu makanan sehat.   

Namun, kandungan serat pada buah nangka bisa memperlancar pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Buah nangka juga dikenal sebagai makanan dengan indeks glikemik yang rendah pun dinilai dapat mengontrol gula darah dengan baik.  

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah 5 Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Penyakit

Dikutip dari Healthline dan Everyday Health, berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak diketahui orang, antara lain: 

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu meningkatkan kuaitas tidur. Nangka mengandung magnesium yang berdampak baik pada kualitas tidur.

Konsumsi nangka juga dapat menghindari masalah insomnia, khususnya pada orang tua yang rentan kekurangan magnesium.  

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah memperbaiki sistem pencernaan. Buah nangka memiliki manfaat dalam memperbaiki sistem pencernaan.

Selain itu, buah nangka memiliki kandungan prebiotik yang memiliki peranan penting dalam memperlancar sistem pencernaan dan menghindari sembelit.   

3. Melawan kanker

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah melawan kanker. Buah nangka yang kaya kandungan antioksidan dan fitonutrien dapat membantu melawan kanker. 

Nutrisi buah nangka memiliki manfaat dalam membantu tubuh melawan efek radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid, saponin, dan tanin pada nangka juga memiliki sifat antikanker.  

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Bantu Program Diet

4. Menyembuhkan luka

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah bisa menyembuhkan luka. Antioksidan vitamin C pada buah nangka juga penting dalam sistem imun yang sehat.

Nutrisi tersebut juga dibutuhkan tubuh dalam pembentukan kolagen. Hal ini penting untuk kesehatan kulit, jaringan ikat seperti pada pembuluh darah, hingga penyembuhan luka.  

5. Memperkuat tulang

Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah memperkuat tulang. Nangka memiliki kandungan bernama Mangan yang merupakan nutrisi kunci untuk pembentukan tulang.

Beberapa studi menyebutkan kalau perempuan pasca-menopause yang diberi serum mangan memiliki keterkaitan dengan kepadatan mineral tulang dan sedikit risiko tulang patah.  

Itulah beberapa manfaat buah nangka yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mengonsumsi buah nangka untuk memperoleh berbagai nutrisi dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News