Bugar

Sering Disepelekan, Ini Sederet Penyebab Mata Merah yang Perlu Diketahui

Sering Disepelekan, Ini Sederet Penyebab Mata Merah yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Mata merah merupakan kondisi yang umumnya tidak berbahaya. Meski demikian, kondisi ini bisa mengganggu penglihatan, terutama saat beraktivitas.

Mata merah disebabkan oleh pembengkakan atau melebarnya pembuluh darah di dasar selaput putih (sklera) mata.

Kondisi ini terjadi karena masuknya debu atau partikel asing ke dalam mata, infeksi, alergi, cedera, paparan sinar matahari, atau kondisi mata yang kering.

Tak hanya itu, menurut American Optometric Association penyebab mata merah juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain, seperti berikut ini:

Baca Juga: Catat! Ini 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

Mata kering

Penyebab mata merah yang pertama adalah karena mata kering dan berpotensi sangat membuat mata tidak nyaman dan kerap gatal yang sangat mengganggu. 

Mata kering bisa terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak air mata. Hal ini bisa membuat mata terasa kering dan iritasi sehingga terlihat merah.

Konjungtivitis

Penyebab mata merah yang kedua adalah konjungtivitas. Konjungtivitis adalah salah satu penyebab mata merah yang paling sering terjadi.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak, membuat mata terlihat merah, dan seakan-akan terasa kesat dan disebabkan oleh infeksi, baik virus atau bakteri, atau reaksi alergi dan iritasi pada mata.

Konjungtivitis akibat infeksi bisa menular ke orang lain, sedangkan konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi atau iritasi tidak menular.

Baca Juga: Inilah Manfaat Kecipir, Menjaga Kesehatan Mata sampai Menghambat Penuaan Dini

Kelelahan

Penyebab mata merah yang ketiga adalah karena kelelahan. Terlalu lama bekerja di depan komputer bisa membuat mata menjadi lelah, terasa kering, atau justru berair terus-menerus.

Bahkan, kondisi tersebut terkadang juga disertai sakit kepala dan rasa lelah yang luar biasa. Perlu diketahui pula bahwa mata lebih jarang berkedip saat Anda berada di depan layar komputer atau televisi. 

Cedera

Cedera pada mata, misalnya akibat kecelakaan, terpapar benda asing atau zat kimia, baru menjalani operasi, paparan sinar ultraviolet berlebih, atau luka bakar, bisa menyebabkan mata merah.

Hal ini terjadi karena pembuluh darah mata akan melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke lokasi cedera. Bila pembuluh darah pada mata ikut terluka, pendarahan pun akan terjadi.

Jika gejala mata merah disertai rasa sakit, mual, sakit kepala yang parah, penglihatan terganggu, atau mata sensitif terhadap cahaya, segera periksakan diri ke dokter untuk membiasakan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News