Bugar

Inilah Manfaat Kecipir, Menjaga Kesehatan Mata sampai Menghambat Penuaan Dini

Inilah Manfaat Kecipir, Menjaga Kesehatan Mata sampai Menghambat Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Kecipir adalah sayuran dari tanaman merambat yang tumbuh subur di wilayah tropis, seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand. 

Dikenal sebagai sayuran serbaguna bergizi lengkap, kandungan kecipir dipercaya menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari Web MD. 

Kecipir merupakan salah satu sayuran dengan gizi yang paling beragam. Kecipir mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah kecil yang biasanya jarang ada pada sayuran.  

Menurut Nutrition Journal, hampir semua bagiannya bisa dikonsumsi. Daunnya seperti bayam, bunganya untuk salad, umbinya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya seperti kedelai.  

Baca Juga: 5 Cara Alami dan Efektif untuk Mengatasi Gangguan Tidur

Berkat kandungan vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lain yang ada di dalamnya, dilansir dari Mayo Clincic, kecipir bisa memberikan berbagai manfaat seperti berikut:

Menghambat penuaan dini

Manfaat kecipir yang pertama adalah membantu menghambat penuaan dini. Kecipir mengandung mineral tembaga yang merupakan antioksidan kuat.

Bersama enzim superoxide dismutase (SOD), mineral ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.  

Rendah kalori

Manfaat kecipir yang kedua adalah rendah kalori. Artinya, kecipir bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur, campuran salad, atau setelah dikukus.

Sayuran yang satu ini cocok untuk siapapun, termasuk mereka yang sedang menjalani diet. Kecipir juga mengandung lemak sehat serta protein.   

Memperkuat imunitas

Manfaat kecipir yang ketiga bisa membantu memperkuat imunitas. Seratus gram kecipir mengandung 19 miligram vitamin C yang bisa memenuhi sekitar 20 – 30% kebutuhan harian Anda.

Mengutip laporan jurnal Nutrients, vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.  

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Karbohidrat Kompleks untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan mata

Manfaat kecipir yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan vitamin B1 di dalam kecipir bisa menjaga penglihatan dari penyakit seperti katarak dan glaukoma.

Ini penting karena kecipir dapat menjaga koordinasi saraf dan otot mata sehingga penyampaian pesan dari mata ke otak bisa terjaga dengan baik.  

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kecipir yang terakhir adalah menjaga kesehatan tulang. Berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, manfaat kecipir juga bisa memperkuat tulang.

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kecipir juga memberikan energi lewat mineral dalam kandungannya terutama bagi orang yang sedang dalam proses pemulihan.  

Apapun cara mengonsumsinya, kecipir mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Menyeimbangkan konsumsi sayur dengan aktif berolahraga akan membuat seseorang lebih sehat dan bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News