HOME, Santai

Sering Didengar, Apa Itu Genre Slice Of Life dalam Perfilman? Berikut Penjelasannya

Sering Didengar, Apa Itu Genre Slice Of Life dalam Perfilman? Berikut Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Dalam dunia perfilman, istilah-istilah untuk menjelaskan tema dari sebuah film tentunya telah mengalami banyak perkembangan.

Salah satu istilah yang paling sering didengar adalah slice of life atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti penggalan kehidupan.

Istilah ini sendiri memiliki arti dimana cerita yang diangkat dalam sebuah drama atau film tersebut merupakan kisah dari penggalan kehidupan.

Dimana gambaran akan penampilan pengalaman sehari-hari akan ditampilkan dalam sebuah seni atau karya film maupun drama.

Baca Juga: Jadi Best Boyfriend, Ini Dia Sederet Green Flag Choi Woong di Our Beloved Summer

Biasanya sebuah drama yang memiliki tema ini cenderung memiliki sifat cerita yang natural dan memiliki konflik yang lekat dengan kehidupan penontonnya dan ringan untuk diikuti.

Istilah ini sendiri sudah lama muncul yaitu dari tahun 1890 dan 1895 yang berasal dari frasa bahasa Perancis yang dikenalkan oleh penulis skenario Jean Jullien.

Setelah itu istilah ini terus berkembang terutama dalam dunia animasi dan komik Jepang atau anime.

Kisah-kisah pada anime yang banyak terjadi dalam kehidupan sekolah membuat tema cerita ini kemudian menjadi semakin berkembang dan terus digunakan.

Baca Juga: V BTS dan 4 Idol Kpop yang Masuk Daftar 100 Most Handsome Faces of 2021

Bahkan, genre ini sendiri menjadi salah satu genre yang paling banyak menyedot peminat animasi dan komik Jepang karena ceritanya yang sangat lekat dan dominan kepada anak muda.

Fokus utama film-film dengan genre slice of life ini sendiri biasanya berfokus pada hubungan interpersonal remaja di dalam dan di luar keluarga, kisah cinta, hingga kisah fantasi atau fiksi.

Kini genre slice of life tak hanya digunakan pada animasi dan komik Jepang saja, banyak drama Kroea ataupun film-film yang juga mengangkat genre slice of life ini sebagai genre utamanya.

Salah satu contonya adalah drama Korea Hospital Playlist, Move to Heaven, Age of Youth, dan juga Reply series.

Selain itu film seperti Lady Bird, Boyhood, Mancester by The Sea, dan Before series adalah beberapa film yang memiliki genre slice of life dalam ceritanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News