HOME, Keluarga

Sering Dengar Witch Hazel dalam Produk Skincare? Inilah 6 Manfaatnya untuk Kulit

Sering Dengar Witch Hazel dalam Produk Skincare? Inilah 6 Manfaatnya untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Witch hazel atau hamamelis adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga hamamelidaceae. Tanaman ini diklaim mengandung banyak khasiat obat dan mampu memberikan keajaiban pada kulit.

Di dunia kecantikan, witch hazel dengan spesies hamamelis virginiana banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk produk skincare. Namun, apakah Anda tahu manfaat apa saja yang ditawarkan witch hazel untuk kulit?

Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 4 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah, Lakukan Secara Rutin

Wardah Witch Hazel

1. Mengecilkan pori-pori

Seiring bertambahnya usia, kolagen alami kulit akan berkurang. Hal ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya sehingga mudah kendur. Witch hazel yang mengandung sifat astringent mampu untuk mengencangkan kembali kulit Anda sekaligus mengecilkan pori-porinya.

Sebagai pengganti alkohol pada beberapa merek toner, witch hazel akan menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel sehingga penetrasi kotoran ke dalam kulit akan berkurang.

2. Mengurangi minyak berlebih dan jerawat

Selain membuat kulit tampak berkilau, minyak berlebih juga bisa menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran lainnya, jerawat pun akan mudah menyerang.

Setelah menggunakan face wash khusus untuk kulit berminyak, Anda bisa melanjutkan rutinitas skincare Anda dengan menggunakan produk yang mengandung witch hazel untuk perawatan kulit yang lebih mendalam tanpa menghasilkan minyak berlebih.

3. Menenangkan kulit iritasi

Witch hazel mengandung sifat anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit serta mengurangi iritasi. Faktanya, witch hazel adalah bahan utama dalam produk salep yang diformulasikan untuk mereka yang memiliki permasalahan kulit seperti eksim dan ruam.

Witch hazel yang diaplikasikan secara topikal akan membantu mengatasi kulit iritasi Anda dengan cepat dan tahan lama.

4. Mencegah kerusakan kulit

Dikarenakan lapisan pelindung kulit cenderung melemah akibat bertambahnya usia dan faktor lingkungan lainnya, kulit pun akan mudah rusak. Namun tenang saja, karena witch hazel yang kaya tanin mampu bertindak sebagai penghalang yang akan mencegah zat luar untuk masuk dan merusak sel-sel kulit Anda.

Satu penelitian menunjukkan bahwa witch hazel dapat menetralkan efek berbahaya dari radikal bebas sehingga mampu memperlambat penuaan pada kulit.

5. Meredakan sengatan matahari

Sunscreen adalah produk skincare mutlak yang harus digunakan jika Anda ingin kulit tetap terlindungi dari efek buruk sinar matahari yang dapat merusak dan membakar kulit.

Apabila suatu hari kulit Anda terbakar matahari akibat lupa mengaplikasikan sunscreen, witch hazel dapat Anda manfaatkan untuk membantu mengatasinya. Berkat sifat anti-inflamasinya, witch hazel yang dioleskan pada area kulit terbakar akan memberikan efek pendinginan untuk meredakan luka di kulit Anda yang tersengat matahari.

6. Menangkal infeksi

Seperti disebutkan sebelumnya, witch hazel akan membentuk lapisan pelindung pada kulit dan mencegah agresor eksternal masuk ke dalam kulit dengan mudah. Karena kemampuannya ini, witch hazel dapat diandalkan untuk melawan infeksi dan mencegahnya untuk mengganggu kulit.

Jika Anda mencari cara alami dan lebih cepat untuk menyembuhkan luka, menghilangkan jerawat, atau meredakan pembengkakan pada kulit, menggunakan witch hazel dapat membantunya.

Demikian penjelasan tentang ragam manfaat witch hazel untuk kulit. Dengan segala kelebihannya, witch hazel worth it untuk Anda masukkan ke dalam rangkaian perawatan kulit harian karena bahan ini cenderung aman untuk digunakan setiap hari. Kendati demikian, selalu ingat untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk witch hazel guna mengetahui reaksinya terhadap kulit.

Selanjutnya: Kulit Terasa Lembab, Inilah 5 Manfaat Sea Buckthorn untuk Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News