HOME, Bugar

Pahami 4 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah, Lakukan Secara Rutin

Pahami 4 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah, Lakukan Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Memiliki warna kulit wajah yang tidak merata, bisa menurunakan tingkat kepercayaan diri seseorang. Walaupun ada cara lain untuk menutupinya dengan makeup, tetapi tetap saja Anda merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan waran kulit merata. Yuk, cari tahu cara meratakan warna kulit wajah yang dilansir dari olay.co.id, yaitu: 

1. Eksfoliasi

Cara meratakan warna kulit pertama yaitu lakukan eksfoliasi. Anda bisa melakukan eksfolisasi pada kulit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk memiliki warna kulit yang merata. Selain membuat wajah lebih halus dan cerah, eksfoliasi juga menggantikan sel-sel kulit mati di kulit.

Selanjutnya, produk serum atau misturizer yang akan Anda gunakan bisa bekerja lebih efektif lagi. Gunakan produk scrub yang lembut atau produk eksfoliasi lainnya yang terbukti ampuh membuat kulit Anda flawless seperti glycolic acid, lactic acid, salicylic acid, atau malic acid.

2. Gunakan Serum

Cara meratakan warna kulit wajah selanjutnya adalah menggunakan serum. Disarakan pilih serum yang mengandung vitamin C, jika Anda tidak memiliki kulit sensitif. Kandungan vitamin C yang sudah lama dipercaya untuk mencerahkan noda di kulit.

Vitamin C juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan wajah yang tampak kusam dan belang, maupun bekas luka. Anda bisa memilih skincare berformulasi vitamin C yang biasanya dikemas dalam bentuk serum atau krim. Namun, Anda juga bisa menggunakan produk serum dengan kandungan lain yang bisa meratakan warna kulit. 

Baca Juga: Gunakan Minyak Alami, Pahami 3 Cara Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

3. Gunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen secara rutin juga bisa meratakan warna kulit wajah yang belang. Anda bisa memilih sunscreen berlabel broad spectrum, yakni proteksi maksimal dari sinar UVA maupun UVB. Kemudian, baca baik-baik tulisan yang tertera pada kemasan.

Biasanya, istilah PA yang diikuti dengan tanda tambah (+) adalah kemampuan produk untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet A. Selanjutnya, perhatikan pula Sun Protection Factor alias SPF-nya. Pilihlah yang mengandung SPF minimal 30. Oleskan sunscreen secara berulang setiap dua jam sekali. 

4. Gunakan Lotion atau Kirim Pencerah Kulit

Warna kulit yang tidak rata bukan hanya di wajah saya, tetapi tubuh yang lain juga bisa. Cara meratakan warna kulit lainnya dengan menggunakan lotion atau krim pencerah kulit. Lotion tersebut diformulasikan secara khusus untuk membuat rona kulit berangsur cerah, sekaligus lebih merata.

Namun, Anda perlu berhati-hati memilih produk lotion atau krim pencerah kulit. Pastikan produk tersebut telah bersertifikat BPOM, karena saat ini sudah banyak beredar skincare yang dicampur merkuri dengan kadar yang dikhawatirkan malah merusak kulit Anda. 

Selanjutnya: Ketahui 4 Fakta Tentang Pori-Pori Wajah di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News