HOME, Bugar

Selain Sunscreen, Inilah 4 Cara Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Selain Sunscreen, Inilah 4 Cara Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari karena ada berbagai efek buruk yang dapat merusak kesehatan kulit. Kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa mengakibatkan penuaan dini, kulit merah terbakar, hingga yang paling buruk kanker kulit.

Cara umum melindungi kulit dari sinar matahari yaitu dengan mengoleskan sunscreen atau sunblock ke seluruh tubuh. Sangat dianjurkan memakai sunscreen dengan SPF 30 sebelum beraktivitas di luar dan dalam ruangan. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskan kembali bila berada di bawah sinar matahari lebih dari 2 jam.

Selain memakai produk sunscreen, ada beberapa cara lain yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Melansir dari cderma.id, berikut cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang harus Anda lakukan, yaitu: 

1. Gunakan Baju dan Celana Tertutup

Ada baiknya menggunakan baju dan celana yang tertutup untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Pentingnya untuk menutuo kulit saat berada di luar ruangan. Hindari kain yang longgar atau terbuka, seperti renda. Selain itu, pakaian warna gelap menawarkan perlindungan lebih dari warna terang. Anda juga bisa memakai pakaian yang memiliki perlindungan ultraviolet di labelnya.

2. Memakai Sepatu

Cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari selanjutnya adalah memakai sepatu. Sepatu dapat menutupi kaki, tetapi bila Anda mengenakan sandal jepit atau bertelanjang kaki pastikan untuk mengoleskan tabir surya ke seluruh kulit yang terbuka.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Bentuk Wajah Tidak Simetris, Cari Tahu Yuk!

3. Gunakan Topi Lebar

Cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari berikutnya yaitu menggunakan topi lebar. Pilihlah topi bertepi lebar yang menutupi wajah, cara ini untuk menutupi wajah dan bagian belakang leher. Pastikan Anda memilih topi yang memiliki pinggiran lebar.

Hindari topi baseball atau topi jerami berlubang karena kurang efektif melindungi kulit di luar ruangan yang memungkinkan sinar matahari masuk. Pilih topi yang lebih gelap untuk menawarkan lebih banyak perlindungan UV.

Jika Anda mengenakan topi baseball lindungi bagian telinga dan leher belakang menggunakan sunscreen atau tetap berada di tempat yang teduh. 

4. Gunakan Kacamata dengan Pelindung UV

Terakhir, cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari yaitu gunakan kacamata dengan pelindung UV. Kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV dan mengurangi risiko katarak. Kulit lembut di sekitar mata juga dapat terlindungi dari paparan sinar matahari. Kacamata hitam dapat menghalangi sinar UVA dan UVB untuk memberikan perlindungan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News