HOME, Bugar

Selain Segar, 5 Manfaat Melon Ini Sayang untuk Dilewatkan

Selain Segar, 5 Manfaat Melon Ini Sayang untuk Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Manfaat buah melon diperoleh dari berbagai nutrisi di dalamnya. Beberapa jenis kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah melon termasuk kalium, asam folat, protein, vitamin C, beta-karoten, dan magnesium, dikutip dari Mayo Clinic.

Berkat kandungan nutrisi di dalam buah melon, buah ini baik untuk dikonsumsi siapa saja, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah melon, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain. 

Baca Juga: Penderita Jantung Lemah Sebaiknya Menghindari 5 Makanan Ini

1. Membantu meningkatkan kemampuan penglihatan

Sebuah penelitian menunjukkan, buah melon mengandung dua jenis antioksidan, yaitu luteindan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan mata Anda, serta mencegah risiko penglihatan berkurang atau buram karena faktor usia. 

2. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi bila tubuh Anda kekurangan cairan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Selain minum air putih, satu lagi cara mudah untuk mencegah dehidrasiadalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan air seperti melon.  

3. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Buah melon memang terbukti menyegarkan. Hal ini karena sebagian besar kandungan buah melon terdiri dari air dan elektrolit yang membantu Anda mencukupi kebutuhan cairan dan terhindar dari dehidrasi.  

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami dengan Rutin 5 Minuman Ini

4. Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil

Selama kehamilan, ibu memerlukan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Ibu hamil mungkin juga sedang tidak berada pada kondisi terbaiknya karena sistem imun yang cenderung lebih lemah. 

Buah melon bermanfaat untuk ibu hamil. Kalium pada buah ini membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, vitamin C memperkuat sistem imun, dan vitamin B6 mendukung pertumbuhan tulang belakang janin. 

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah melon yang tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Hal itu tidak lepas dari kandungan beragam nutrisi penting di dalamnya, seperti magnesium, folat, dan vitamin K yang menjadi komponen utama dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. 

Melon memiliki khasiat yang beragam, dari menyehatkan mata, mencegah dehidrasi, hingga meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan tak perlu repot mengolah buah ini untuk mendapat manfaatnya. 

Selanjutnya: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News