HOME, Bugar

Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

MOMSMONEY.ID - Buah salak merupakan buah tropis yang sudah sangat populer di masyarakat. Buah ini dikenal dengan tekstur kulitnya yang menyerupai sisik ular dan pohonnya juga memiliki daun berduri halus dengan batang yang juga berduri. 

Di samping itu, buah salak memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis, sepat dan renyah saat digigit. Buah ini juga banyak difavoritkan. Apalagi, ada banyak sekali manfaat buah salak yang baik untuk kesehatan.

Buah ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Selain itu, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia lain pada buah salak yang bermanfaat, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid. 

Berikut ini beberapa manfaat salak untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, dirangkum dari Healthline dan Health Benefits Times.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Aritmia : Penyebab dan Cara Mencegahnya

1. Bagus untuk pencernaan

Salak merupakan buah padat nutrisi yang karena diperkaya dengan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. Mengutip Health Benefits Times, kandungan nutrisi tersebut membuat salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan serat pada salak bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di samping itu, tanin dalam buah salak bersifat sebagai anti diare sehingga salak membantu menyembuhkan diare.  

2. Baik untuk kesehatan mata

Penelitian yang dilakukan oleh Nurfi Afriasyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibandingkan pada mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali dibandingkan semangka merah. 

3. Bantu menyehatkan jantung

Salak memiliki kandungan kalium yang baik sehingga dapat membuat jantung sehat. Selain itu, juga dapat membantu pengaturan air di dalam tubuh. 

Hal ini karena jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi pada buah salak dapat menjaga sistem jantung berfungsi dengan baik. 

Baca Juga: Beda dengan Telur Ayam, Ini 5 Manfaat Telur Bebek untuk Tubuh

4. Menyehatkan tulang

Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu atau daging saja, padahal buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Manfaat buah salak ini datang karena didalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang.  Bahkan di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

5. Sumber zat besi

Kekurangan zat besi selain bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius.

Misalnya, kurangnya sel darah merah, yang mana dapat menimbulkan masalah anemia defisiensi besi. Anda bisa mengkonsumsi buah salak secara rutin sebagai salah satu sumber zat besi alami.

Itulah manfaat buah salak yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Dibalik kulit luarnya yang sedikit menyeramkan, nyatanya buah salak menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mulai sekarang, kamu bisa mengkonsumsi salak sebagai bagian dari asupan sehat harian kamu ya Lemonizen!

Selanjutnya: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News