HOME, Bugar

Selain Nikmat, Inilah 5 Manfaat Makan Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Selain Nikmat, Inilah 5 Manfaat Makan Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya murah, kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Baik konvensional atau hidroponik, kangkung dapat tumbuh subur, dan berpotensi untuk dikembangkan.

Dikutip dari situs Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini adalah kandungan gizi baik di dalam kangkung, termasuk air, protein, karbohidrat, serat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, natrium, kalium, zinc, beta-karoten, dan masih banyak kandungan baik lainnya.

dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, bukan cuma rasanya yang enak, ada segudang manfaat kangkung yang bisa Anda dapatkan dengan rutin menyantapnya, yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Manfaat Jambu Kristal, Mulai Menyehatkan Mata Hingga Menjaga Pencernaan

1. Menjaga kesehatan mata

Kangkung kaya kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus.  Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan guna mencegah mata kering.

2. Mencegah kerusakan hati

Manfaat kangkung selanjutnya adalah mencegah kerusakan hati, luka, dan peradangan. Sayuran ini dinilai mampu memicu produksi enzim yang berguna untuk mendetoksifikasi hati dari zat sisa yang memicu kerusakan.

3. Mencegah diabetes

Pada tahun 2013 para peneliti berhasil menemukan khasiat rutin makan bayam air untuk mencegahdiabetes pada ibu hamil dan bayinya yang dilakukan pada tikus percobaan. 

Penelitian dalam Journal of Diabetes ini mencatat bahwa sayur kangkung bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

4. Mengatasi gejala anemia

Manfaat kangkung yang terakhir adalah mengatasi gejala anemia, berkat kandungan zat besi dan fosfor di dalamnya. Zat besi mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kangkung lainnya yang sayang jika dilewatkan yaitu mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh Anda.

Pasalnya, bayam air ini tinggi akanvitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.

Meskipun memiliki segudang manfaat baik, kangkung tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap asam urat karena mengandung tinggi purin.

Alih-alih mengonsumsi kangkung, kamu bisa melengkapi asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen.

Selanjutnya: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Daun Sereh untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News