Bugar

Sederet Manfaat Pisang yang Tidak Perlu Diragukan Lagi untuk Kesehatan

Sederet Manfaat Pisang yang Tidak Perlu Diragukan Lagi untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sederet manfaat pisang yang tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Buah berkulit kuning ini umum dikonsumsi di Indonesia, baik secara langsung maupun diolah menjadi sajian tertentu. Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis.

Nutrisi yang terkandung pada pisang akan meningkat saat buah tersebut matang. Dilansir dari Web MD, ini manfaat pisang yang tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan, antara lain:  

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Sakit Kepala

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat pisang yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam pisang punya manfaat membantu menurunkan tekanan darah. 

Hal ini karena kandungan kalium dalam pisang berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.  

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat pisang yang kedua adalah menjaga kesehatan tulang. Prebiotik fruktooligosakarida dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium. 

3. Kenyang lebih lama

Manfaat pisang yang ketiga adalah membuat rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat di dalam pisang dapat memperlambat pengosongan lambung.

Pisang yang berwarna kehijauan atau belum matang mengandung lebih banyak serat pati, yang berperan dalam hal tersebut. 

Baca Juga: Wajib Dicoba, Ini Sederet Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

4. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat pisang yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal. Kandungan kalium dalam pisang juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal.

Apabila Anda mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 hingga 6 dalam satu minggu, risiko penyakit ginjal dapat berkurang hingga 50 persen. 

5. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Manfaat pisang yang terakhir adalah meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung. Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaannya.

Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung. 

Itulah manfaat pisang yang tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News