Bugar

5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Sakit Kepala

5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Sakit Kepala

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala secara alami yang bisa Anda coba. 

Sakit kepala memang bisa datang secara tiba-tiba yang langsung kuat atau muncul bertahap. Rasa sakitnya bisa bertahan sebentar, beberapa hari, bahkan hingga hitungan bulan.    

Selain mengonsumsi obat sakit kepala, Anda juga bisa rutin mengonsumsi makanan sehat ini untuk mengobati sakit kepala.  

Dirangkum dari Medical News Today dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala, antara lain:  

Baca Juga: Sederet Manfaat Diet Buah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Semangka

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala pertama adalah semangka. Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala. 

Tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti semangka untuk mengatasi maupun mencegah dehidrasi.  

Roti gandum utuh 

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala kedua adalah roti gandum utuh. Rendahnya kadar gula darah adalah salah satu pemicu kemunculan sakit kepala tiba-tiba. 

Untuk meningkatkan kadar gula darah, konsumsilah roti gandum utuh. Karbohidrat dalam gandum dapat mempertahankan kestabilan kadar gula darah lebih lama dari roti putih biasa.  

Ikan

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala ketiga adalah mengonsumsi ikan. Ikan bisa Anda konsumsi untuk mengurangi dan juga mencegah sakit kepala. 

Asam lemak omega 3 dalam ikan dinilai mampu menghambat produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu sakit kepala. 

Pilihlah jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3, seperti ikan salmon, kembung, tenggiri, dan juga tuna.  

Baca Juga: Selain Camilan Sehat, Ini Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Jantung

Kacang almond 

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala keempat adalah kacang almond. Kacang almond kaya akan kandungan magnesium. 

Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan magnesium memang dibutuhkan penderita sakit kepala, terutama migrain.  

Pisang

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala terakhir adalah pisang. Rendahnya kadar gula juga dapat meningkatkan risiko sakit kepala. 

Anda bisa mengonsumsi buah yang memiliki rasa manis alami, seperti pisang untuk meningkatkan kadar glukosa sehingga kamu dapat meringankan gejala sakit kepala.  

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengobati sakit kepala dan bisa mencoba untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News