Bugar

Sederet Manfaat Infused Water yang Diminum Sebelum Berolahraga

Sederet Manfaat Infused Water yang Diminum Sebelum Berolahraga

MOMSMONEY.ID - Infused water adalah minuman dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas.

Tak hanya terasa menyegarkan, infused water sangat populer dan dikenal sebagai minuman yang berkhasiat sebagai detoksifikasi.

Minuman ini juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh serta mencegah dehidrasi.

Lantas, apa saja manfaat minum infused water sebelum olahraga? Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa di antaranya:

Baca Juga: Kenali Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Sembuhkan Batuk sampai Gangguan Pencernaan

Membantu penurunan berat badan

Jika Anda ingin olahraga untuk menurunkan berat badan, infused water bisa membantu. Dengan cara menahan keinginan untuk minum minuman manis dan beraroma, yang tinggi kalori. 

Mengganti minuman manis tinggi kalori dengan infused water dapat membantu mengurangi asupan karbohidrat. Secara tidak langsung, ini akan membantu Anda mencapai penurunan berat badan yang berkelanjutan. 

Meningkatkan suasana hati dan energi

Bahkan dehidrasi yang ringan dapat memengaruhi suasana hati, konsentrasi, dan tingkat energi. Dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala, dan masalah serius lainnya. 

Minum infused water sebelum olahraga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Ini juga bisa meningkatkan suasana hati dan tingkat energi, sehingga Anda bisa tetap prima selama sesi olahraga. 

Baca Juga: Agar Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Makanan untuk Detoks Tubuh secara Alami

Mencegah dehidrasi

Lebih dari setengah berat badan manusia terdiri dari air. Jadi, tubuh membutuhkan air untuk mempertahankan berfungsinya setiap organ dan sel.

Saat berolahraga, air juga membantu mengatur suhu tubuh. Jika Anda tidak minum cukup air selama sesi olahraga, ada risiko yang lebih besar untuk dehidrasi dan komplikasi lebih lanjut.

Manfaat utama dari infused water adalah menghidrasi tubuh. Jika diminum sebelum olahraga, ini juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan berbagai komplikasi serius. 

Jika Anda mengalami dehidrasi saat berolahraga, otot akan mulai lelah. Anda mungkin mengalami kram, kelemahan, dan kehilangan koordinasi.

Itulah beberapa manfaat minum infused water sebelum olahraga. Selain sebelum olahraga, minuman ini juga baik dikonsumsi kapan saja. Minum air yang cukup juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News