Bugar

Kenali Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Sembuhkan Batuk sampai Gangguan Pencernaan

Kenali Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Sembuhkan Batuk sampai Gangguan Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Rasanya yang khas dan segar tentunya dapat memberikan cita rasa tersendiri.

Apalagi jika Anda mencampurkan perasan air jeruk nipis pada makanan atau minuman Anda. Dikenal dengan nama ilmiah  Citrus aurantiifolia, jeruk nipis masuk ke dalam suku jeruk-jerukan.

Selain dicampurkan ke dalam berbagai masakan, buah masam ini kerap dibuat sebagai campuran minuman, seperti infused water.

Baca Juga: Lelah Bekerja? Ini 5 Cara Meredakan Stres Secara Efektif

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat jeruk nipis lainnya untuk kesehatan tubuh Anda seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini: 

Menangkal virus penyebab flu

Dalam sebuah jeruk nipis, terkandung 20 gram vitamin C atau sekitar 30 persen dari kebutuhan seseorang perharinya.

Kandungan vitamin C-nya mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, Anda akan terhindar dari penyakit termasuk virus flu.

Memulihkan kesegaran pikiran

Coba minum segelas air yang dicampur jeruk nipis ketika Anda merasa stres atau penat dan membantu memulihkan kondisi psikis secara optimal.

Anda pun dapat melanjutkan aktivitas dengan kondisi pikiran yang lebih segar dan bersemangat.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Sumber Lemak Nabati Baik yang Wajib Dikonsumsi Anak

Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh.

Air jeruk nipis nyatanya dapat menghindari sel kanker tumbuh dan berkembang dalam tubuh Anda.

Sifat antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan pertumbuhan sel sehat dalam tubuh dan daya tahan tubuh Anda.

Membakar lemak tubuh

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memberikan rasa asam. Zat asam yang terkandung di jeruk nipis dapat membuat lemak yang ada dalam tubuh Anda diubah menjadi energi.

Anda akan mendapatkan berat badan ideal saat berolahraga dan mengonsumsi air jeruk nipis. Anda bisa mencampur air jeruk nipis dengan madu untuk meningkatkan energi.

Itulah sederet manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Mulai sekarang, jangan ragu untuk menambahkan perasan jeruk nipis pada minuman atau makanan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News