HOME, Bugar

Sederet Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

Sederet Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cranberry adalah jenis beri berwarna merah dengan ukuran bervariasi seperti buah anggur. Buah ini sering dicampurkan pada kue atau dibuat jus ini. 

Sayangnya, buah ini cukup sulit ditemukan di Indonesia. Anda mungkin akan menemukannya sudah dikemas, dikeringkan, atau sudah diolah menjadi olahan lain.  

Manfaat buah cranberry yang punya banyak nutrisi yakni protein, serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta kandungan antioksidan sehingga bermanfaat bagi kesehatan, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Manfaat Blueberry, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Very Well Fit, berikut ini sederet manfaat cranberry untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan sirkulasi darah. Manfaat buah cranberry di antaranya adalah membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. 

Buah cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah. 

Sirkulasi darah yang berjalan dengan lancar juga berkontribusi dalam meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Selain itu, buah cranberry juga dapat menurunkan tekanan darah Anda.  

2. Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih.  

Kadar asam pada ekstrak cranberry dianggap bisa melindungi saluran kemih berkat kemampuannya dalam mengubah sifat urine jadi lebih asam. 

Kondisi ini dapat menghambat perkembangbiakan bakteri E. coli secara alami dan juga melancarkan saluran kemih. 

3. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang ketiga adalah meningkatkan kemampuan otak. Manfaat cranberry lainnya adalah meningkatkan fungsi otak.  

Senyawa antioksidan dan anti peradangan yang ada dalam buah cranberry dapat meningkatkan daya ingat dan koordinasi. 

Jadi, jika Anda ingin tetap memiliki daya ingat yang kuat hingga tua nanti, konsumsilah buah cranberry secara rutin.  

Baca Juga: Inilah 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

4. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang keempat adalah mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan proanthocyanidins, yaitu senyawa pemberi warna merah dan biru pada buah yang bermanfaat untuk menangkal infeksi. 

Senyawa inilah yang mampu mencegah bakteri menempel pada permukaan mulut, seperti gigi dan gusi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.  

5. Mencegah kanker

Manfaat cranberry untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah kanker. Cranberry mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid, yang keduanya dapat berkontribusi pada pencegahan kanker. 

Beberapa penelitian menunjukkan cranberry dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, payudara, hati, usus besar, dan kanker ovarium.  

Pada dasarnya, buah cranberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan memakannya dalam bentuk utuh dan tanpa pemanis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News