HOME, Bugar

Manfaat Blueberry, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Blueberry, Bisa Mencegah Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Bluberi atau blueberry merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Utara. Sesuai dengan namanya, blueberry berwarna biru, dan bentuknya bulat dengan ukuran yang kecil.  

Blueberry yang memiiki nama latin Cyanococcus ini biasanya menjadi teman makan yogurt, topping untuk kue, atau pemanis pie. Buah ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau selai buah yang rasanya memanjakan lidah.  

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berdasarkan kandungan gizinya, buah blueberry bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Konsumsi Buah-Buahan Ini Untuk Membantu Turunkan Kolesterol

1. Memiliki potensi menurunkan risiko kanker

Buah blueberry kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, lycopene, lutein, dan zeaxanthin. Antioaksidan yang kuat ini dapat menangkal radikal bebas, yang bisa menyebabkan stres oksidatif yang memicu peradangan dan kerusakan pada sel. 

Efeknya bisa juga memicu pertumbuhan sel-sel kanker pada esofagus, paru-paru, pankreas, atau usus. Nah, dengan mengonsumsi buah yang kaya antioksidan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari penyakit kanker. 

2. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat blueberry adalah untuk mencegah penuaan dini. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan pada blueberry yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. 

Efek ini menjadikan blueberry baik untuk mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari. 

3. Membantu menjaga kesehatan tulang

Selain antioksidan, kandungan kalsium pada blueberry ternyata memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan tulang. Studi tahun 2019 pada FEBS Open Bio menunjukkan bahwa nutrisi blueberry bisa membantu pembentukan tulang dan melawan stres oksidatif. 

Studi berbasis hewan juga menunjukkan adanya potensi suplemen buah bluebberry dalam mencegah osteoporosis, yakni pengeroposan tulang yang umumnya terjadi pada lansia. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

4. Mengontrol gula darah

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi buah berry, termasuk blueberry bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah. Buah beri diperkaya dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Oleh karena itu, buah beri merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah dalam mengatur gula darah.  

5. Melindungi organ otak

Uniknya, antioksidan dalam buah blueberry dapat memberikan dampak yang positif pada kesehatan otak, terutama pada bagian intelegensi. 

Buah blueberry juga mampu menjaga kesehatan saraf otak dan memperlambat penurunan kognitif pada kaum lansia. 

Selanjutnya: 5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News