Bugar

Sederet Cara Efektif Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui, Cari Tahu Yuk!

Sederet Cara Efektif Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Diare saat menyusui bisa menyebabkan gejala sakit perut, demam, kembung, hingga mual-mual. Masalah ini bisa membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga mengganggu proses menyusui bayi.

Namun, tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara alami atau mengonsumsi obat diare untuk ibu menyusui. Namun, diare yang tidak parah bisa dikelola dengan pengobatan rumahan.

Dilansir dari Mom Junction, Anda bisa mencoba dengan cara efektif ini untuk mengatasi diare saat menyusui tanpa komplikasi, antara lain: 

Baca Juga: Moms, Ini Daftar Persiapan Sebelum Persalinan yang Perlu Anda Ketahui

Mengonsumsi probiotik

Probiotik mengandung mikroorganisme khusus, seperti Lactobacilli atau bakteri asam laktat. Ini adalah bakteri baik yang ditemukan dalam yoghurt dan produk susu lainnya.

Probiotik bisa menjadi obat alami untuk mengatasi diare pada ibu menyusui. Hal ini karena probiotik dipercaya bisa mencapai usus dan menekan kuman penyebab diare dan membantu tubuh untuk pulih.

Minum teh chamomile

Teh chamomile dikenal bisa mengurangi gejala diare. Minum secangkir teh chamomile bisa bermanfaat. Teh ini juga dikenal karena efeknya yang menenangkan pada tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Minum teh daun raspberry merah

Teh daun raspberry merah adalah teh lembut dan bergizi yang bertindak sebagai zat ringan untuk membantu mengeringkan diare dan mengencangkan tubuh.

Teh ini aman untuk diminum dalam jumlah sedang hingga tiga cangkir per hari, sehingga bisa digunakan untuk atasi diare pada ibu menyusui.

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi cuka sari apel

Cuka sari apel bisa membantu memperbaiki gejala sakit perut akibat diare. Caranya adalah dengan mengencerkan satu sendok makan cuka sari apel dalam air dan mengonsumsinya. 

Menjalani pola makan BRAT

Selama beberapa hari, cobalah jalani pola makan BRAT (bananas, rice, applesauce, toast). BRAT terdiri dari makanan hambar yang bisa ditoleransi oleh sistem pencernaan.

Selain itu, makanan pada diet BRAT juga tidak tinggi akan serat sehingga feses bisa menjadi lebih padat.

Itulah beberapa cara efektif untuk mengatasi diare pada ibu menyusui yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News