Bugar

Moms, Ini Daftar Persiapan Sebelum Persalinan yang Perlu Anda Ketahui

Moms, Ini Daftar Persiapan Sebelum Persalinan yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Melahirkan bukan hanya urusan kesiapan fisik dan mental saja. Tapi ada beberapa kebutuhan penunjang yang kudu dilakukan dengan matang.

Ada beberapa daftar persiapan melahirkan yang sebaiknya ibu penuhi sebelum persalinan tiba. Salah satunya adalah dengan membuat rencana persalinan.

Jadi sebaiknya, catat baik-baik persiapan menyambut persalinan apa saja yang harus dilakukan. Susun dengan baik sebelum saat melahirkan tiba.

Baca Juga: 7 Hal yang Bermanfaat untuk Memudahkan Persalinan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dilansir dari Pregnant Education, berikut adalah beberapa daftar persiapan sebelum persalinan yang sebaiknya ibu penuhi sebelum persalinan, antara lain:

Pastikan istirahat terpenuhi 

Cukup tidur di trimester ketiga dapat membantu ibu merasa beristirahat dan segar. Jadi, cobalah untuk memastikan kalau waktu tidur terpenuhi dengan baik.

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mengatasi stres atau cemas sebelum persalinan. Jika ibu sulit tidur, cobalah untuk melakukan olahraga intensitas ringan seperti berjalan kaki di sore hari. 

Persiapkan tas yang akan dibawa

Setelah melahirkan, ibu dan bayi akan beristirahat beberapa saat di rumah sakit untuk memulihkan kondisi. Penting untuk menyiapkan keperluan yang dibutuhkan selama di rumah sakit.

Usahakan tidak membawa terlalu banyak barang. Isi tas yang akan dibawa dengan perlengkapan berikut ini:

  • Dokumen penting
  • Baju berkancing depan
  • Celana dalam dan pembalut
  • Perlengkapan mandi
  • Perlengkapan baju bayi
  • Bra menyusui
  • Ponsel dan charger
  • Handuk untuk mandi
  • Sarung atau kain selimut

Mempelajari tentang proses persalinan

Ini bisa dilakukan dengan mengikuti kelas persalinan. Tujuannya mempelajari tahapan, tips mengatasi rasa nyeri kontraksi, teknik pernapasan dan peralatan yang digunakan saat melahirkan.

Calon orang tua juga bisa menonton video terkait persalinan normal dan caesar untuk menambah ilmu. Ini juga bisa dijadikan referensi terkait dengan bagaimana rencana kelahiran.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Tahu, Ini 5 Faktor Penyebab Bayi Sungsang

Putuskan siapa yang akan mendampingi

Keluarga harus memutuskan siapa yang mendampingi selama proses melahirkan berlangsung. Sebab, calon ibu akan membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat yang dipercaya.

Tapi, jangan sampai ruangan terlalu ramai karena akan mengganggu kenyamanan. Pendamping sebaiknya sudah dibekali ilmu terkait apa yang harus dilakukan selama di kamar bersalin.

Pilih rumah sakit dan daftarkan diri

Langkah ini dilakukan untuk memastikan Anda mendapat pertolongan terbaik. Jangan mendaftarkan persalinan mendadak karena urusan administrasi memakan banyak waktu.

Bukan hanya membuat persalinan jadi lebih nyaman, Anda juga akan ditangani lebih cepat saat hari persalinan tiba. Ini bisa meminimalisir risiko gangguan kesehatan pada ibu dan bayi.

Disarankan untuk memilih rumah sakit yang tidak jauh dari rumah, tapi memiliki fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Ini bertujuan agar ibu tidak perlu membuang banyak waktu di perjalanan.

Itulah beberapa persiapan menyambut persalinan. Selain beberapa persiapan di atas, calon orang tua bisa menunjang kesehatan bayi dengan konsumsi vitamin yang dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News