Keluarga

7 Hal yang Bermanfaat untuk Memudahkan Persalinan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

7 Hal yang Bermanfaat untuk Memudahkan Persalinan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Bagi ibu hamil, persalinan tentu menjadi momen yang sangat dinanti-nanti sekaligus mendebarkan di saat yang bersamaan. Apakah Anda sedang menantikan kelahiran sang buah hati tercinta, Moms?

Selain mental, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda terapkan dan persiapkan dengan baik guna membantu melancarkan persalinan.

Melansir Firstcry Parenting, berikut 7 hal yang bermanfaat untuk memudahkan persalinan dan wajib Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Membuat Kulit Semakin Berminyak, Yuk Kurangi!

1. Makan kurma

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kurma bermanfaat untuk menciptakan pengalaman persalinan yang lebih mudah dan lebih cepat. Makan sekitar 60-80 gram kurma setiap hari sekitar sebulan sebelum melahirkan terbukti bermanfaat selama persalinan nantinya.

Ini karena kurma memiliki senyawa kimia yang mirip dengan oksitosin atau hormon yang menyebabkan kontraksi. Kurma juga telah terbukti dapat melebarkan leher rahim sehingga mampu membantu proses persalinan yang mudah dan cepat.

2. Squat setiap hari

Squat adalah latihan fisik yang paling bermanfaat bagi setiap wanita yang sedang mempersiapkan persalinan pervaginam (lahiran normal).

Cara terbaik untuk melakukan squat bagi ibu hamil yaitu dengan menggunakan medicine ball yang diletakkan di antara punggung bawah dan dinding kemudian putar jari kaki serta lutut selebar mungkin. Disarankan untuk melakukan squat sebanyak 15 kali setiap hari dalam posisi tersebut supaya Anda memiliki pengalaman melahirkan yang luar biasa.

3. Tidur yang cukup

Tidur dengan cukup merupakan langkah paling sederhana dan efektif untuk memudahkan persalinan. Untuk membantu persalinan dengan lebih cepat dan lancar, ibu hamil harus tidur setidaknya 7 jam atau lebih setiap hari.

Anda dapat menggunakan bantal dan kursi malas yang lembut dan ramah di kulit untuk meningkatkan pengalaman tidur yang nyaman baik bagi Anda maupun si kecil.

4. Makan camilan sehat

Saat Anda berada di tahap awal persalinan, Anda mungkin akan merasa lapar. Untuk membantu mengurangi rasa lapar tersebut, maka Anda bisa makan makanan ringan atau camilan.

Namun, selalu ingat untuk menghindari makanan berminyak atau berlemak karena dapat menyebabkan mulas sekaligus menghambat proses persalinan. Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan seperti pisang atau apel, yoghurt, smoothies, dan lain-lain guna meningkatkan energi selama persalinan. Plus, camilan sehat semacam itu juga akan sangat bermanfaat jika Anda hendak menjalani operasi caesar darurat.

Baca Juga: Bayi Rewel Karena Tumbuh Gigi? Ini 6 Cara untuk Membantu Menenangkannya

5. Berlatih teknik pernapasan

Persalinan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan bagi wanita mana pun. Dan, teknik pernapasan dapat membantu menoleransi rasa sakit pada saat persalinan sekaligus menciptakan perasaan rileks. Tak sampai di situ, teknik pernapasan juga dapat mengatur kontraksi berirama dan membantu ibu hamil untuk mendorong bayi ke luar dengan lebih baik serta lebih efisien.

Teknik pernapasan yang baik akan memastikan tubuh memiliki oksigen yang cukup dan ibu tidak pingsan akibat nyeri persalinan yang luar biasa atau kram yang dialami karena kontraksi.

6. Pijat

Pijat terutama di daerah punggung bawah akan memberikan manfaat bagi ibu hamil yang hendak bersalin. Pijat dapat membantu mengurangi sensasi nyeri di otak dan mengurangi rasa sakit yang dialami wanita selama persalinan.

Pijatan yang diberikan oleh pasangan bahkan menawarkan efek psikologis yang mana ibu akan merasa diperhatikan dan didukung oleh pasangannya. Ini juga dapat sangat membantu dalam mempercepat proses persalinan.

7. Mengonsumsi makanan kaya vitamin

Vitamin seperti A, B, C, dan E sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon pada tahap akhir kehamilan dan bisa membantu mengencangkan rahim agar persalinan normal berjalan cepat dengan sedikit atau tanpa intervensi medis. Di sisi lain, vitamin K juga penting untuk ibu hamil karena dapat membantu pembekuan darah dan mengurangi kemungkinan pendarahan setelah melahirkan yang bisa berakibat fatal bagi ibu.

Vitamin A, B, C, dan E harus dikonsumsi secara alami melalui buah-buahan segar atau suplemen vitamin setiap hari. Sementara itu, vitamin K harus dikonsumsi melalui sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News