Keluarga

6 Makanan yang Bisa Membuat Kulit Semakin Berminyak, Yuk Kurangi!

6 Makanan yang Bisa Membuat Kulit Semakin Berminyak, Yuk Kurangi!

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya makanan. Meskipun memiliki kulit berminyak merupakan hal yang normal, namun ada baiknya Anda memerhatikan betul diet harian Anda sekaligus mengetahui apa saja makanan yang rentan meningkatkan produksi minyak dan bahkan menimbulkan jerawat.

Melansir Byrdie, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa membuat kulit semakin berminyak.

1. Garam

Garam

Garam termasuk bahan makanan yang dapat memengaruhi penampilan kulit. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata.

Selain itu, garam juga dapat meningkatkan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh konsumsi garam.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih dalam Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Daging merah

Daging Merah

Ternyata, daging merah dapat berkontribusi pada kilap berminyak di kulit wajah Anda lho Moms. Ini karena daging merah seperti sosis, daging sapi, daging domba, dan bacon mengandung lemak jenuh yang tinggi serta bisa meningkatkan peradangan pada kulit. Adapun peradangan kulit yang meningkat dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

Untuk solusi terbaik, gantilah sebagian asupan daging merah Anda dengan daging unggas atau ikan guna membantu mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi.

3. Gula

Gula Pasir

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi gula dapat meningkatkan produksi IGF-1 atau hormon peptida yang merangsang pertumbuhan. Di sisi lain, hormon ini juga dapat menyebabkan produksi sebum atau minyak yang berlebihan.

Alih-alih nyemil makanan tinggi gula, alangkah baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah-buahan segar jika menginginkan kulit yang bebas kilap.

4. Karbohidrat olahan

Roti tawar atau roti putih

Makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta putih, dan nasi putih juga dapat meningkatkan produksi IGF-1. Saat Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, itu akan menjadi pukulan ganda dalam hal memicu produksi minyak yang tidak diinginkan kulit.

Sebagai gantinya, beralihlah ke gandum utuh yang telah terbukti sehat namun tetap mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Lho, Yuk Cobain!

5. Alkohol

Minum alkohol

Sifat diuretik alami yang terkandung di dalam alkohol rentan menyebabkan kulit dehidrasi. Saat kulit mengalami dehidrasi, kulit akan menjadi kering dan memicu produksi minyak yang berlebihan.

Sebaiknya, kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan minum alkohol Anda mulai dari sekarang. Gantilah alkohol dengan minuman berbahan non-alkohol atau jus buah. Dan, pastikan untuk menghidrasi tubuh Anda sebelum dan sesudah minum alkohol jika Anda belum bisa melepas kebiasaan yang satu ini.

6. Gorengan

Makanan Gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang berpotensi menyebabkan peradangan pada kulit. Untuk memperbaiki peradangan tersebut, kulit cenderung akan melakukannya dengan cara meningkatkan produksi minyak.

Apabila Anda tidak bisa lepas dari gorengan, Anda dapat mulai menggoreng berbagai makanan dengan pilihan minyak yang jauh lebih sehat seperti minyak alpukat atau minyak zaitun.

Itulah 6 makanan yang patut dikurangi konsumsinya karena bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak. Kira-kira, makanan mana yang masih sering Anda konsumsi sampai sekarang Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News