HOME, Bugar

Sedang Isolasi Mandiri? Ketahui Kapan Isolasi Mandiri Bisa Berakhir

Sedang Isolasi Mandiri? Ketahui Kapan Isolasi Mandiri Bisa Berakhir

MOMSMONEY.ID - Akhir-akhir ini dengan meningkatnya kasus Covid-19, tingkat kebutuhan kamar pasien yang disediakan di rumah sakit pun mulai berkurang. Dengan berkurangnya ketersediaan kamar tersebut, membuat banyak pasien Covid-19 yang harus rela melakukan isolasi mandiri di rumah.

Isolasi mandiri di rumah pun tetap harus dilakukan sesuai dengan prokes yang berlaku saat ini. Beberapa prokes seperti lamanya proses isolasi mandiri pun juga harus menjadi perhatian utama. 

Berikut ini adalah anjuran dari Centers for Disease Control and Prevention  (CDC), lembaga resmi pengawasan dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat (AS) mengenai lamanya waktu isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19.

Baca Juga: Kapan Tes Covid-19 dengan Antigen dan PCR Sebaiknya DIlakukan?

Pasien tanpa gejala atau OTG

Pasien dengan kategori OTG adalah pasien yang tidak memiliki gejala Covid-19 namun menunjukkan hasil positif pada swab PCR. CDC menganjurkan 10 hari isolasi mandiri semenjak keluarnya hasil swab PCR. Setelah itu maka pasien dapat kembali beraktifitas normal tanpa perlu melakukan tes swab lagi.

Pasien dengan gejala Covid ringan

Demam, batuk, pilek, dan anosmia tanpa adanya penurunan saturasi oksigen adalah gejala yang sering dialami oleh pasien dengan gejala Covid ringan.

Pasien dengan gejala Covid ringan dapat melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sejak timbulnya gejala, diitambah 3 hari tanpa adanya gejala lanjutan Covid-19 seperti hilangnya penciuman atau lemahnya indera perasa. 

Pasien dengan gejala Covid sedang-berat

Kategori ini adalah pasien yang mengalami adanya gejala Covid-19 dan adanya penurunan saturasi oksigen hingga kurang dari 95%. Pasien dalam kategori ini menurut CDC, wajib melaksanakan 20 hari isolasi mandiri terhitung sejak timbulnya gejala.

Baca Juga: 6 Cara Turunkan Suhu Tubuh dengan Memakai Bahan Alami

Kemenkes pun mewajibkan pasien dalam kategori ini untuk menunjukkan swab negative sebelum memulai kembali aktifitas normal. 

Siapa saja yang memiliki kontak dengan pasien positif Covid-19

CDC menyarankan agar siapa pun yang pernah berkontak erat dengan pasien positif Covid-19, untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Terhitung sejak hari di mana orang tersebut berkontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Selanjutnya: Mengenal varian baru Corona: Alpha, Beta, dan Delta yang mulai ditemukan di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News