Santai

Sedang Diet? Yuk Coba Kurangi Nafsu Makan dengan 4 Cara Sehat Ini!

Sedang Diet? Yuk Coba Kurangi Nafsu Makan dengan 4 Cara Sehat Ini!

MOMSMONEY.ID - Nafsu makan adalah salah satu hal yang harus dikontrol ketika sedang menjalani program diet. Mengurangi atau mengontrol nafsu makan juga bukanlah perkara yang mudah.

Dengan mengontrol nafsu makan, program diet seseorang biasanya dapat dengan mudah tercapai. Namun tentunya tetap harus dilakukan dengan cara yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah dan sehat yang bisa dilakukan untuk mengontrol nafsu makan saat sedang melakukan program diet.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

Konsumsi protein

Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup adalah salah satu cara efetktif untuk membantu mengontrol nafsu makan. Sebab protein bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu laman Health Line menjelaskan juga bahwa protein merupakan nutrisi baik yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu menyertakan protein cukup dalam makanan sehari-hari.

Makan perlahan

Cara makan pun ternyata juga berpengaruh dalam membantu menjaga nafsu makan seseorang. Ketika nafsu makan tinggi, seseorang bisa makan lebih banyak dari yang telah direncanakan.

Maka dari itu, dengan makan secara perlahan dapat membantu seseorang untuk makan dalam porsi normal dan terhindar dari resiko overeating. Jadi cobalah untuk makan secara perlahan agar bisa terhindar dari nafsu makan yang tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Drakor bagi yang Penasaran Tentang Dunia Forensik, Seru Semua!

Konsumsi makanan rendah kalori

Diet yang menyiksa, menahan lapar, dan mengurangi kalori asupan harian dalam jumlah yang banyak terkadang bisa membuat seseorang lebih mudah merasa lapar. Hal tersebut ternyata bisa memicu terjadinya binge eating atau makan secara terus-terusan.

Laman Medical News Today menjelaskan, bahwa cara tersebut dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi namun dengan kalori yang rendah. Seperti contohnya sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Memakan makanan tersebut dalam jumlah besar tentunya bisa membuat rasa kenyang bertahan lama dan nafsu makan pun berkurang.

Minum air putih

Dengan mengkonsumsi atau minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya, bisa membantu untuk mengurangi nafsu makan seseorang dengan cara sehat.

Cobalah membiasakan diri untuk minum terlebih dahulu sebelum makan makanan berat. Minum air sebelum makan bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, lebih puas dengan makanan dan terhindar dari rasa lapar lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News