Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

Cari Tahu Yuk! Ini Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara yang bisa dilakukan agar sistem imun tubuh tetap kuat adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda perlu memerhatikan cara memilih suplemen vitamin C yang benar.

Vitamin C bermanfaat untuk memelihara fungsi organ, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gigi, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Inilah 5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Memijat Bayi

Anda perlu mengetahui cara tepat memilih vitamin C agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh, seperti yang dilansir dari Healthline berikut ini: 

Nyaman di lambung

Pilihlah suplemen vitamin C yang tidak mengandung asam atau bersifat non-acidic sehingga terasa lebih nyaman di lambung. Terlebih, bagi Anda yang memang memiliki penyakit asam lambung.

Aman untuk ginjal

Selain nyaman di lambung, Anda juga disarankan untuk memilih suplemen vitamin C yang rendah kadar oksalat (oxalate). Jika kadar oksalat di dalam tubuh tinggi, zat ini dapat membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

Dosis vitamin C

Batas konsumsi maksimal vitamin C bagi orang dewasa adalah 2.000 mg per hari. Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C melebihi jumlah yang disarankan.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Perhatikan bahan tambahan

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu bahan tambahan yang terkandung di dalam suplemen tersebut.

Misalnya, jika Anda sedang mengurangi konsumsi gula, Anda bisa memilih suplemen yang tidak mengandung gula.

Perhatikan kadar gulanya

Vitamin C memiliki kandungan gula tambahan di dalamnya. Jika Anda sedang mengurangi asupan gula, pastikan kadar gula dalam suplemen vitamin tidak melebihi 4 gram per tablet.

Itulah cara memilih suplemen vitamin C yang tepat. Pastikan mengonsumsinya dalam dosis yang dianjurkan. Sebab, mengonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping berupa diare dan mual. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News