Bugar

Bisa Dicoba! Ini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Bisa Dicoba! Ini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

MOMSMONEY.ID - Dahak biasanya terjadi bersamaan dengan batuk, berupa lendir yang seperti menyangkut di tenggorokan.

Terlebih jika disertai dengan batuk, sakit saat menelan, serak, serta rasa pahit di lidah. Jika sudah parah, keadaan ini bisa berdampak pada munculnya demam hingga sesak napas.

Mengeluarkan dahak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, kebanyakan orang justru tersedak ketika melakukannya.

Baca Juga: Waspadai Penularan Cacar Monyet Melalui Pemberian ASI, Ini Penjelasannya!

Untuk menghindari hal tersebut, seperti dilrangkum dari Medical News Today, berikut cara mengeluarkan dahak yang tepat tanpa tersedak, antara lain: 

Mengonsumsi lebih banyak air

Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga lendir tidak berkumpul. Ketika Anda terserang pilek, minum lebih banyak air dapat mengencerkan lendir dan membantu sinus mengalir lebih lancar.

Selain itu, seseorang dengan alergi musiman juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk menghindari dahak.

Manfaatkan dekongestan

Untuk menurunkan kadar dahak di saluran tenggorokan, mempersempit serta membatasi aliran darah, maka dekongestan dapat diandalkan.

Walaupun demikian, hindari untuk mengonsumsi obat ini dalam dosis yang berlebih karena bisa mengeringkan membran lendir, menyebabkan pusing, serta meningkatkan tekanan darah.

Menjaga udara tetap lembap

Udara kering dapat dengan mudah mengiritasi hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai pelumas.

Menggunakan humidifier di kamar tidur tidak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga menjaga hidung tetap bersih dan mencegah sakit tenggorokan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

Minum obat antihistamin

Ketika seseorang mengalami alergi, kemungkinan munculnya dahak dalam jumlah berlebih akan semakin besar.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengnsumsi antihistamin sebaiknya. Pasalnya, anithistamin mengandung senyawa untuk mengurangi reaksi terhadap alergi.

Berkumur dengan air garam

Cara mengeluarkan dahak berikutnya bisa dilakukan dengan berkumur air garam. Cara ini bisa membantu menenangkan tenggorokan sekaligus membantu membersihkan sisa lendir.

Anda hanya perlu satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan sebagai obat kumur alami sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Itu tadi beberapa cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda lakukan tanpa meningkatkan risiko tersedak. Jika belum membaik, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News