HOME, Keluarga

Seberapa Lama Hamster Dapat Bertahan Hidup?

Seberapa Lama Hamster Dapat Bertahan Hidup?

MOMSMONEY.ID - Jika Anda saat ini sedang memelihara hamster atau tengah berencana memeliharanya, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai hamster. Salah satunyanya adalah berapa lama hamster peliharaan dapat hidup. Mempelajari berapa lama hamster dapat hidup akan bermanfaat bagi Anda untuk memberikan perawatan yang sesuai untuknya. Dengan begitu, hamster dapat hidup panjang umur.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 6 Makanan yang Beracun untuk Hamster

Rata-Rata Umur Hamster

Dilansir dari Petsmont.com, biasanya hamster akan hidup antara 2 – 2,5 tahun. Ini hanya rata-rata dari kehidupan hamster pada umumnya. Ada hamster yang bisa hidup lebih lama dari ini, tetapi ada juga hamster lain yang tidak bisa hidup selama ini.

Dengan perawatan yang baik dan telaten, hamster dapat hidup hingga 3 tahun lamanya. Namun, menurut The Guinness World Records, ada hamster yang dapat bertahan hidup panjang selama 4,5 tahun. Hamster ini dimiliki oleh Karen Smeaton dari Tyne & Wear, Inggris.

Lebih jelasnya, berikut beberapa harapan hidup hamster sesuai jenisnya:

Hamster Roborovski: 3 – 3,5 tahun

Hamster Suriah: 2 – 2,5 tahun

Hamster Kerdil Campbell: 2 tahun

Hamster Cina: 1,5 – 2 tahun

Hamster Dwarf Rusia Putih : 1,5 – 2 tahun

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Hamster dengan Air? Simak Jawabannya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Umur Hamster

Sama seperti semua hewan pada umumnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi berapa lama hamster Anda akan hidup. Jika hamster dipelihara, maka ada berbagai faktor perawatan juga yang memengaruhinya. Beberapa faktor ini adalah genetika, jenis, diet sehat, lingkungan, latihan, kualitas, dan penyakit yang mungkin diderita hamster.

Namun faktor genetika adalah yang paling utama. Ada beberapa hamster yang memiliki gen yang diturunkan lebih baik daripada yang lain. Genetika ini membantu mereka untuk hidup lebih lama daripada hamster lainnya. Artinya, bila kebetulan hamster Anda mewarisi genetika yang buruk, maka bisa jadi akan memperpendek umurnya. Faktor penyakit juga bisa muncul karena keturunan dari induknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News