HOME, Keluarga

Hati-Hati! Ini 6 Makanan yang Beracun untuk Hamster

Hati-Hati! Ini 6 Makanan yang Beracun untuk Hamster

MOMSMONEY.ID - Hewan peliharaan hamster membutuhkan nutrisi yang tepat untuk membuat mereka tetap sehat dan lincah. Produk makanan hamster yang dibeli di toko hewan sudah cukup bagi mereka, sehingga Anda tak perlu memberikan variasi makanan.   

Meski Anda ingin memanjakan hamster peliharaan dengan cemilan lain, ini tidak boleh lebih dari 10% makanan utamanya. Cemilan juga tak boleh diberikan setiap hari dan sembarangan.

Untuk membantu Anda menghindari memberi makanan yang berbahaya, dilansir dari Petkeencom, berikut 6 makanan yang beracun untuk hamster. Cek yuk!

Baca Juga: Agar Tak Cepat Mati, Begini Cara Merawat Hamster

Bawang

Baik bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombai tidak direkomendasikan untuk hewan peliharaan mana pun. Termasuk hamster. Mengonsumsi bawang putih bagi hamster dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga gangguan darah dengan tingkat sedang.

Mengonsumsi bawang merah dan bawang bombai dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah. Selain buah dari bawang itu sendiri, ini juga berarti Anda tidak memberi makan bagian bawang yang lain seperti daunnya.

Produk Susu

Selain susu induknya, tidak ada alasan lain bagi hamster untuk memakan produk susu apapun. Meski mungkin di film-film Anda pernah melihat hamster menyukai keju, tetapi sebenarnya ini berbahaya untuk mereka.

Kapasitas mencerna produk susu setara dengan hamster mencerna daging. Mereka tidak memiliki enzim untuk memecahnya dengan sukses, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Produk susu ini dapat berupa susu, es krim, krim kue, keju, yoghurt, dan kefir.

Almond Pahit

Almond manis memang sangat baik untuk hamster, tetapi yang pahit sangat beracun! Almond mengandung emulsion, enzim, minyak esensial, glukosa, dan sianida. Namun, almond pahit mengandung 42 kali lipat lebih banyak sianida daripada almond manis. Jika hamster memakan terlalu banyak sianida, ini tentu akan membunuh mereka.

Baca Juga: Anda Memelihara Hamster? Ini Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatannya

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang tak direkomendasikan untuk hamster. Meski terkadang rasanya manis, tomat tetap mengandung zat asam yang dapat menyebabkan hamster diare. Selain buahnya, daun tomat juga beracun yang dapat menyebabkan kematian pada hamster.

Kentang

Meski kentang memiliki rasa yang enak, kentang tidak memberi hamster zat apapun yang baik untk tubuh mereka. Kentang bahkan mengandung pati yang berbahaya untuk hamster. Kandungan pati yang tinggi dapat menimbulkan diare pada hamster Anda. Jika diare ini parah, dapat menyebabkan hamster dehidrasi hingga kematian.

Gejala dehidrasi ditandai dengan kelesuan, tidak nafsu makan, mata cekung, dan berkurangnya elastisitas kulit hamster.

Cokelat

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, hamster juga tidak boleh diberi cokelat. Cokelat mengandung senyawa teobromin yang terdapat di tumbuhan kakao. Dalam jumlah tinggi, kandungan ini akan bersifat racun bagi hamster. Khususnya untuk hamster kecil seperti hamster roborovski. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News