HOME, Keluarga

Sebelum Mencoba Brazilian Waxing, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Berikut Ini

Sebelum Mencoba Brazilian Waxing, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Sedang tren terutama di kalangan beauty influencer, brazilian waxing bisa menjadi opsi praktis untuk memangkas rambut kemaluan yang mengganggu. Sesuai namanya, perawatan ini dilakukan dengan menggunakan wax atau lilin yang sudah dilelehkan.

Meskipun begitu, bukan berarti brazilian waxing tidak memiliki satu pun kekurangan. Selain memerlukan biaya ekstra, brazilian waxing juga menyimpan efek samping yang berisiko merugikan kulit terutama di area vagina.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda mencobanya, inilah 5 efek samping brazilian waxing yang perlu Anda cermati sebagaimana dilansir dari Bustle.

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu! Ini Dia Ciri-Ciri Anak Manipulatif dan Tips untuk Mengatasinya

1. Infeksi

Vagina terbuat dari mucus membrane atau selaput lendir yang cenderung lebih halus daripada kulit di bagian tubuh lainnya. Dan, keberadaan rambut kemaluan dapat bekerja secara efektif untuk melindungi selaput lendir tersebut.

Rambut kemaluan akan bertindak sebagai bantalan yang memastikan lipatan vagina tidak saling menempel sekaligus melindunginya dari ruam dan infeksi. Plus, rambut kemaluan akan menjebak bakteri penyebab infeksi seperti vaginosis bakteri dan infeksi saluran kemih yang mencoba memasuki vagina.

Apabila Anda melakukan brazilian waxing, vagina akan kehilangan pelindungnya sehingga lebih rentan terhadap risiko infeksi.

2. Infeksi menular seksual

Pasca-brazilian waxing, kulit cenderung akan mengalami kerusakan. Akibatnya, bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS) pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Adapun jenis IMS yang rentan menyerang akibat perawatan ini meliputi herpes genital, HPV, HIV, dan molluscum contagiosum.

3. Sensasi terbakar

Brazilian waxing dilakukan dengan menggunakan lilin yang dilelehkan. Supaya hasilnya maksimal, lilin tersebut harus dijaga keseimbangan suhunya supaya tetap hangat. Jika suhunya terlalu panas, lilin justru akan membakar kulit di sekitar vagina Anda.

Jadi, pastikan perawatan brazilian waxing yang Anda pilih dilakukan oleh profesional ya.

4. Ingrown hair

Upaya menyingkirkan rambut kemaluan dengan cara dipotong atau dicabut sampai akarnya rentan menyebabkan ingrown hair (rambut yang tumbuh ke dalam).

Ketika Anda mencabut rambut kemaluan dengan brazilian waxing, maka bulu-bulu yang baru pun akan mulai tumbuh kembali. Faktanya, bulu-bulu baru tersebut cenderung tipis dan lemah sehingga dapat mengalami kesulitan untuk menemukan jalan ke permukaan kulit. Jika sudah seperti ini, bulu-bulu baru akan tersangkut di bawah kulit dan menimbulkan benjolan yang teriritasi.

Untuk menyingkirkan ingrown hair, Anda harus mencabutnya. Supaya aman dan minim iritasi, disarankan untuk mencabut ingrown hair ke dokter terkait.

5. Jaringan parut

Kendati jarang terjadi, namun jaringan parut tetap bisa muncul jika kulit Anda mengalami iritasi kronis setelah melakukan brazilian waxing.

Mengutip SehatQ, jaringan parut merupakan bekas luka yang terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan. Jaringan parut dapat berwujud garis halus, keloid, hipertrofik, cekungan, kontraktur, hingga stretch mark.

Itulah 5 efek samping brazilian waxing. Jika Anda tetap berminat untuk melakukan brazilian waxing, selalu ingat untuk memilih tempat dengan fasilitas yang higienis dan sebisa mungkin menggunakan hard wax daripada speed wax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News