Bugar

Sebaiknya Dihindari! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mengakibatkan Halusinasi

Sebaiknya Dihindari! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mengakibatkan Halusinasi

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya narkoba saja yang bisa menimbulkan halusinasi, jenis makanan tertentu yang dikonsumsi secara umum juga bisa memicu halusinasi. 

Efek halusinasi yang dimaksud adalah sensasi euforia setelah makan cabai karena lonjakan endorfin. Begitu juga dengan kopi yang terlalu banyak dikonsumsi menyebabkan kesulitan tidur. 

Siapa sangka, bahwa makanan tersebut ternyata bisa memberikan efek halusinasi pada seseorang yang mengonsumsinya.

Membatasi konsumsi makanan tersebut dapat menekan risiko berhalusinasi. Menurut Boldsky, berikut adalah jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Beberapa Gejala Keracunan Obat yang Harus Segera Ditangani

Kopi

Jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi pertama adalah kopi. Kandungan kafein dalam kopi disebut-sebut bisa membuat mata jadi lebih segar sehingga Anda lebih fokus bekerja.

Namun, perlu diingat bahwa kafein juga bisa meningkatkan risiko berhalusinasi dan jika dikonsumsi berlebihan, kafein juga bisa menyebabkan keracunan.

Pala

Jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi kedua adalah pala. Biji pala mengandung senyawa organik yang disebut myristicin. 

Senyawa ini jika dikonsumsi berlebihan bisa merasa pusing hingga paranoid. Jadi, kalaupun Anda perlu menggunakan pala sebagai campuran masakan, sebaiknya dalam jumlah kecil saja.

Apalagi kalau Anda merasakan aneh setelah mengonsumsi pala, sebaiknya langsung berhenti menggunakannya.

Mulberry

Jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi ketiga adalah mulberry. Namun di balik rasa yang menggoda ini, ia bisa menimbulkan halusinasi pada yang mencicipinya.

Halusinasi yang dimaksud adalah pengalaman trippy dan bisa merangsang sistem saraf.

Baca Juga: Kenali 4 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Gejala Agitasi

Jamur

Jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi keempat adalah jamur. Ada banyak sekali jenis jamur yang aman dimakan, bahkan menjadi sajian sedap nan sehat.

Namun, ada banyak juga jamur yang beracun dan mengandung senyawa psychedelic, seperti psilocybin dan psilocin.

Agar tak salah pilih, sebaiknya hindari konsumsi jamur yang tidak Anda ketahui jenisnya, karena bisa menyebabkan keracunan makanan.

Cabai

Jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi kelima adalah cabai. Kandungan dalam cabai bisa merangsang hormon endorfin dengan cepat. Jadi kalau Anda mengonsumsi cabai berlebihan bisa merangsang perasaan euforia berlebihan.

Bahkan jika perasaan ini terlalu menggebu, bisa membuat seseorang jadi pingsan dan memberikan risiko untuk kesehatan lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa mengakibatkan halusinasi dan perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News