Bugar

Kenali 4 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Gejala Agitasi

Kenali 4 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Gejala Agitasi

MOMSMONEY.ID - Agitasi adalah perasaan gelisah, jengkel, dan gugup yang umumnya bisa membuat Anda bergerak mondar-mandir atau meremas-remas tangan tanpa henti.

Pada situasi tertentu, kondisi ini normal terjadi. Namun, ada juga agitasi yang menjadi tanda gangguan kesehatan mental.

Namun, agitasi terkadang juga bisa muncul tanpa pemicu apa pun. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan fisik atau mental, baik yang disadari maupun tidak.

Agitasi seperti ini bisa datang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat atau muncul perlahan dan berlangsung lama.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 2 Penyebab Utama Psikis Remaja Terganggu

Waspadalah jika agitasi sering muncul secara tiba-tiba atau bahkan berlangsung lama, menurut Mental Health, hal ini bisa menjadi tanda gangguan mental, seperti berikut ini:

Ketidakseimbangan hormon

Penyebab agitasi yang pertama adalah ketidakseimbangan hormon, seperti hipotiroidisme. Pada kondisi ini, tubuh kekurangan hormon tiroid sehingga otak dan organ tubuh tidak bekerja seefektif biasanya.

Gejala yang bisa muncul meliputi gangguan konsentrasi, sembelit, depresi, cemas, dan kelelahan, yang semuanya bisa mengarahkan pada agitasi. 

Gangguan autisme

Seseorang dengan autisme biasanya mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang ada di pikirannya dan berkomunikasi dengan orang lain.

Itulah mengapa penderitanya mudah mengalami agitasi, bahkan hingga berperilaku agresif dan bahayanya bisa mengancam keselamatan penderitanya.

Baca Juga: Apa Itu Body Dysmorphic Disorder? Ini Penjelasan Lengkapnya

Gangguan bipolar, depresi, dan gangguan kecemasan

Ketiga kondisi ini bisa menyebabkan perubahan drastis pada emosi dan tingkat energi seseorang. Salah satu gejala yang bisa muncul adalah agitasi.

Selain agitasi, penderita gangguan bipolar, depresi, dan gangguan kecemasan juga mengalami sulit atau justru terlalu banyak tidur, kecanduan alkohol, perubahan pola makan, bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Skizofrenia

Skizofrenia menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri. Selain itu, bisa menimbulkan halusinasi yang membuat dirinya merasa terancam. 

Selain penyebab agitasi yang telah disebutkan di atas, agitasi juga bisa terjadi akibat penyakit alzheimer, demensia, dan kelainan pada sistem saraf seperti tumor otak.

Sementara itu, agitasi dengan penurunan kesadaran lingkungan sekitar bisa menjadi tanda delirium. Kondisi ini perlu segera menbisakan pertolongan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News