HOME, Keluarga

Satgas: Kasus Covid-19 Meningkat Dalam 14 Hari Terakhir

Satgas: Kasus Covid-19 Meningkat Dalam 14 Hari Terakhir

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Pemerintah terus memberikan update perkembangan kasus Covid-19 di tanah air. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun menyampaikan, dalam 14 hari terakhir, terlihat tren peningkatan kasus positif.

"Meskipun peningkatan harian ini cenderung fluktuatif, namun penambahan kasus harian terakhir telah  mencapai angka 404 meningkat cukup signifikan jika dibandingkan dengan kasus harian dua minggu sebelumnya, yaitu hanya 136 kasus," ujar Wiku saat memberikan keterangan pers, Kamis (6/1).

Wiku juga mengatakan, angka ini tergolong tinggi, mengingat penambahan kasus positif  sebesar 400 kasus terakhir terjadi pada November 2021.

Baca Juga: WHO Sebut Banyak Bukti Omicron Sebabkan Gejala Lebih Ringan

Tak hanya kasus positif, kasus aktif harian pun menunjukkan peningkatan dalam seminggu terakhir. Dia mengatakan, per 5 Januari 2022, jumlah kasus aktif mencapai 4.800 kasus. Sementara, di minggu lalu jumlah kasus aktif sebesar 4.300.

Wiku juga menyampaikan tingkat positivity rate yang juga menunjukkan tren kenaikan. Walaupun kenaikannya fluktuatif, namun Wiku menyebutkan tren kenaikan ini sudah dapat dilihat.

"Jika 2 minggu lalu positivity rate harian adalah sebesar 0,07% saat ini meningkat menjadi 0,19%," kata Wiku.

Lebih lanjut, angka nasional keterisian tempat tidur atau BOR isolasi di rumah sakit rujukan turut menunjukkan peningkatan. Bahkan, kenaikannya konsisten dalam 14 hari terakhir. Bila 2 pekan lalu BOR rumah sakit hanya 1,38%, kini menjadi 3,35%.

"Adanya peningkatan pada indikator tersebut yaitu kasus aktif, kasus positif, positivity rate serta BOR isolasi merupakan fakta bahwa terjadi peningkatan penularan pada masyarakat," kata Wiku.

Menurutnya, bila tidak dikendalikan, Covid-19 bisa menulari lebih banyak masyarakat dan menimbulkan kenaikan kasus yang lebih tinggi.

Langkah pengendalian segera yang dibutuhkan, menurutnya adalah memasifkan testing dan tracing, serta mengoptimalkan kerja posko untuk menggalakkan kedisiplinan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News